Rabu, 01 Desember 2021
Follow Us ON :
 
| Pekanbaru : LPM Berkuasa di Kota Pekanbaru Madani | | Kampung Adat Sentajo Raih Juara ll Pada Anugerah Pesona Indonesia (Api) 2021 | | Hadiman Optimis Kasus yang Sedang Ditangani Akan Selesai Sebelum Akhir Tahun 2021 | | Hadiri Festival Pantun Nasional, Gubri H Syamsuar Sampaikan Pesan dengan Pantun | | Provinsi Riau Terima Hibah Mobil Lab PCR dari Kemendagri | | Sosialisasi Badan Kehumasan (Keputusan KPU 542 Tahun 2021) oleh KPU Kuansing
 
Ciptakan Birokrasi Yang Baik dan Bersih RPJMD Natuna 2021 - 2026 fokus pada Smart Birokrasi
Senin, 08-11-2021 - 18:42:34 WIB

TERKAIT:
 
  • Ciptakan Birokrasi Yang Baik dan Bersih RPJMD Natuna 2021 - 2026 fokus pada Smart Birokrasi
  •  

    Kupaskasus.com, Natuna - RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk  jangka periode selama 5 ( lima ) tahunan  yang berisi penjabaran dari visi , misi , dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional, Senin (8/11/2021).

    Selain itu, RPJMD juga menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara arif tentang visi, misi, dan agenda Kepala Daerah terpilih dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolak ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan mengacu pada UU 25 Tahun 2004.

    Untuk itu, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna menggelar rapat pembahasan indikator sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Natuna Tahun 2021 - 2026, dipimpin lansung oleh Kabid Litbang BP3D Tukino, diruang rapat kantor BP3D Natuna, Senin (8/11/2021).

    Dalam rapat tersebut, Tukino menyampaikan agar bagaimana masing masing OPD dapat menerjemahkan visi dan misi Kabupaten Natuna dalam sebuah Program Kerja.

    "Pada kesempatan ini kita akan fokus pada pembahasan terkait indikator Sasaran RPJMD yang kemudian merupakan indikator turunan dari visi dan misi Kabupaten Natuna. Hari ini saya fokus pada misi yang ke enam yaitu reformasi birokrasi yang cerdas. Dalam hal ini Smart Birokrasi harus memenuhi enam indikator yaitu, Peningkatan Akuntabilitas kinerja, Peningkatan kualitas kompetensi SDM, Peningkatan sarana dan prasarana, pemanfaatan teknologi dalam proses layanan, dan perbaikan tata kelola kelembagaan dengan seluruh stakeholders,” jelas Tukino.

    Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna Raja Darmika dalam rapat koordinasi tersebut menyampaikan, penggunaan teknologi dalam proses pelayanan publik tidak hanya menjadi tanggung jawab Diskominfo, tapi bagaimana semua OPD dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik.

    "Harus saya sampaikan bahwa pelayanan publik berbasis teknologi bukan hanya fokus pada diskominfo Natuna, tapi bagaimana seluruh OPD dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi secara kreatif dan berinovasi dalam menciptakan pelayanan publik yang maksimal yang mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan. Jadi pemaknaan Smart Birokrasi harus dimulai dengan program program inovasi yang kemudian memiliki dampak yang signifikan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut saya menghimbau bagaimana ada prioritas Anggaran agar setiap OPD punya layanan internet yang memadai sehingga mempermudah proses pelayanan. Kami dari Diskominfo siap support OPD yang belum memiliki akses layanan internet,” ucap Raja Darmika.

    Sari Ekawati Kabag Organisasi Pemkab Natuna yang juga hadir pada rapat koordinasi tersebut menyampaikan tujuan dari Smart Birokrasi memiliki tujuan untuk menciptakan birokrasi yang baik dan bersih.

    "Dalam proses untuk menciptakan birokrasi yang baik dan bersih ada beberapa sasaran yang harus dicapai atau ditingkatkan di setiap tahunnya. Tiga sasaran utama yaitu Birokrasi yang bersih akuntabel yang mencakup indeks prilaku anti korupsi, nilai SAKIP, dan opini BPK. Selanjutnya Birokrasi yang kapabel harus meliputi Indeks Kelembagaan, Indeks SPBE dan Indeks Profesionalitas ASN. Terakhir adalah Pelayanan publik yang prima yang menjadi point penting dalam menciptakan Smart Birokrasi yang berfokus pada Indeks pelayanan publik. Secara sederhana bagaimana setiap OPD dapat memaksimalkan pelayanan publik tentunya di dukung dengan sumberdaya ASN yang berkualitas dan bersih" ujar Sari Ekawati

    Dalam rapat tersebut masing masing kepala OPD menyampaikan secara rinci terkait perencanaan , tujuan , sasaran serta strategi dalam menciptakan pelayanan publik yang prima. Pemkab Natuna berharap dengan dilaksanakan Rakor RPJMD ini dapat menjalin sinergitas setiap OPD yang output akhirnya adalah terciptanya Smart Birokrasi. (Rijal).

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Ciptakan Birokrasi Yang Baik dan Bersih RPJMD Natuna 2021 - 2026 fokus pada Smart Birokrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pekanbaru : LPM Berkuasa di Kota Pekanbaru Madani
    02 Kampung Adat Sentajo Raih Juara ll Pada Anugerah Pesona Indonesia (Api) 2021
    03 Hadiman Optimis Kasus yang Sedang Ditangani Akan Selesai Sebelum Akhir Tahun 2021
    04 Hadiri Festival Pantun Nasional, Gubri H Syamsuar Sampaikan Pesan dengan Pantun
    05 Provinsi Riau Terima Hibah Mobil Lab PCR dari Kemendagri
    06 Sosialisasi Badan Kehumasan (Keputusan KPU 542 Tahun 2021) oleh KPU Kuansing
    07 Kalapas Herdianto Bersama Satops Patnal Sidak Kelengkapan Atribut Seragam Petugas Lapas Muara Enim
    08 Rakor DPW Sumut Bersama DPD se-Tabagsel Partai Ummat Berlangsung Sukses
    09 Paripurna DPRD Kuansing dalam Rancangan Perda APBD Tahun 2022
    10 Serahkan DIPA dan TKDD 2022, Presiden Jokowi Paparkan 6 Kebijakan Utama
    11 Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan
    12 Kadispora Riau Naik Peringkat Dalam Ajang Penghargaan KI Riau 2021
    13 Kapolda Riau Terima Penghargaan Komisi Informasi (KI) Award Riau 2021
    14 79 Siswa dan Mahasiswa Kuansing Terima Beasiswa Pendidikan dari PT RAPP
    15 Terkait MUBES IPMAKUSI Sekum HPMKM Minta Semua Unsur Yang Terlibat Turunkan Ego
    16 Kegiatan Penempelan Stiker Imbauan dan Sosialisasi Kamtibmas di Karimun
    17 Pejabat Struktural Lapas Muara Enim Notabene Merupakan Role Model dan Agen Of Change
    18 QRIS Bank Riau Kepri Mempercepat Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Riau
    19 Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-50 Gubernur Ansar Ajak Pegawai Lebih Profesional
    20 Kalapas Muara Enim Herdianto Ikuti Peringatan HUT Korpri Ke-50 Secara Virtual
    21 Kukuhkan DPP GERAM Kepri Gubernur Kepri Ingatkan Agar Selalu Berpedoman Pada LAM
    22 Amri Suhardi Terpilih Secara Aklamasi Jabat Ketua AMOK Kepri Periode 2021 - 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting