Jum'at, 27 Januari 2023
Follow Us ON :
 
| Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting | | Sekda Adi hadiri FGD Prosedur standar Surat Rekomendasi dan Surat Identitas Transportasi Tertentu | | Walikota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu | | Woooo Keren Pemkab PALI Berikan Bantuan Mobil Oprasional Ke Lapas Muara Enim | | Pj Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente T | | Polsek Kateman Berhasil Ungkap Pencurian, 1 Pelaku Diamankan
 
Warga Merasa Kecewa yang Dilakukan oleh Pengadilan Negri Tanjung, Eksekusi Lahan Tidak Sesuai Fakta!
Jumat, 04-11-2022 - 17:42:43 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Karimun - Eksekusi lahan dijalan Coastal Area Rt 01 Rw 03 Kampung Baru, Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun yang dilakukan oleh pihak Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun, menuai protes dan kecewa dari warga dan pengacara dari Darma Pranata (Termohon), Linda Theresia, SH. bersama Beni Zairalata, SH, Jum'at (4/11/2022).

Dalam eksekusi lahan ini, terlihat pengacara dari Darma Pranata, Linda Theresia S.H cekcok dengan juru sita dan pengacara Kasdi Hermanto, karena eksekusi yang dilakukan tersebut, menurut mereka tidak sesuai faktanya.

Diketahui, eksekusi lahan 19.849 meter persegi ini, bermula dari adanya sengketa lahan antara Darma Pranata Termohon dengan Pemohon Kasdi Hermanto, yang dimenangkan Kasdi Hermanto, sehingga pihak pengadilan Negeri Karimun melakukan eksekusi lahan tersebut juga dikawal ketat oleh ratusan aparat dari Polres Karimun, TNI dan Brimob.

Sebelum proses eksekusi, seorang petugas juru sita membacakan surat keputusan Ketua Pengadilan Negeri Karimun. Petugas tersebut menyampaikan eksekusi berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Karimun No. 7 tentang Perdata Eksekusi tahun 2018, jo No. 56 Kasasi Perdata tahun 2016, jo No. 164 Perdata tahun 2014 Pengadilan Tinggi Pekanbaru, jo No. 17 Tahun 2013 Pengadilan Negeri Karimun.

Linda Theresia SH, mengatakan, bahwa pihaknya tidak keberatan atas eksekusi lahan tersebut, jika dilakukan dengan pas, tepat dan pasti sesuai keputusan Mahkamah Agung. Namun, jika dilakukan tidak pas seperti ini, pihaknya berkeberatan dan akan menempuh jalur hukum, karena eksekusi tersebut banyak kejanggalan.

Dimana lahan yang seharusnya di eksekusi adalah lahan putusan 17 tahun 2013, namun yang dieksekusi lahan gugatan 35 tahun 2021 yang masih dalam proses Kasasi di Mahkamah Agung, sehingga cacat hukum. Sambungnya.

“Seharusnya putusan eksekusi itu harus pas, tepat dan pasti, luasnya berapa, letaknya dimana dan lainnya. Ini tidak batas - batas tanah saja mereka tidak dapat menunjukkannya, seperti batas utara yang seharusnya jalan, tapi kenyataannya tanah yang dilewati. Belum lagi luas yang seharusnya 19.849 meter persegi, tapi ini kita lihat lebih," ujar Linda, heran.

Seharusnya eksekusi itu, harus sesuai dengan yang diputuskan Mahkamah Agung yakni tepat dan pas, bukan seperti ini. Untuk itu kita akan menempuh jalur hukum sebagaimana mestinya dan akan melaporkan juga ke KPK, karena menurut kami eksekusi itu cacat hukum,” ujar Pengacara Linda Theresia, SH.

Sementara itu menurut Beni Zairalata, SH, ada sebagian lahan yang dieksekusi masih berperkara di Mahkamah Agung. Ia menyebutkan pihaknya telah membatasi lahan yang masih bersengketa tersebut, namun tetap dimasukan ke dalam objek eksekusi.

“Kami keberatan terhadap objek di luar eksekusi yang juga dieksekusi. Sungguh sangat mengherankan ketika perkara tahap Kasasi Mahkamah Agung sudah dieksekusi dengan mendatangkan ekskavator,” ujarnya.

Masih kata Beni, Untuk ukuran luas juga salah menyalah dari awal. Baik dari penggugat ataupun penggugat. Ini mengherankan bagi kita. Oleh karena itu, pihak kami merasa ada tata cara ekskusi yang dilanggar oleh Ketua Pengadilan Negeri Karimun.

"Saya akan sampaikan keberatan ini ke MA. Paling lama hari Senin ini akan menyampaikan ke Komisi Yudisial, tentang kesewenangan Ketua Pengadilan Karimun,” pungkasnya.

Tidak hanya Pengacara Termohon yang protes dan kecewa, kekecewaan juga dirasakan oleh salah satu warga yang memiliki lahan dilokasi tersebut yaitu Abdul Rahman, dimana gara-gara eksekusi itu, lahannya yang seluas 1500 meter persegi terancam hilang.

“Secara fisik itu hak saya, karena saya sudah membelinya. Saya minta kepada juru sita supaya menunda ekskusi ini, sampai proses hukum yang kami jalani selesai. Kalau dieksekusi seperti ini, saya tidak akan diam karena itu tanah saya, saya akan tuntut kemanapun,” tutur Abdul Rahman. (Tim / is)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Warga Merasa Kecewa yang Dilakukan oleh Pengadilan Negri Tanjung, Eksekusi Lahan Tidak Sesuai Fakta!
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting
    02 Sekda Adi hadiri FGD Prosedur standar Surat Rekomendasi dan Surat Identitas Transportasi Tertentu
    03 Walikota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu
    04 Woooo Keren Pemkab PALI Berikan Bantuan Mobil Oprasional Ke Lapas Muara Enim
    05 Pj Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente T
    06 Polsek Kateman Berhasil Ungkap Pencurian, 1 Pelaku Diamankan
    07 Personil Sat Samapta Polres Inhil Polda Riau Sasar Di Enam (6) Titik Giat Blue Light Patrol Tembilah
    08 Pemkab Muara Enim Bersama Polres Gelar Apel Gabungan Karhutla
    09 Secara Virtual Wabup Bersama Kapolres Rohul Ikuti Rakor Inspektur Se Indonesia
    10 Official Klub PS Epri Raih Juara 1 Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023 Desa Rambah T
    11 Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah V Hadiri Hari Jadi SMA N 1 Koto Baru Ke-37
    12 WaliKota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu
    13 Walikota Psp Irsan Efendi Nst Terima Audensi Ketua YPUB BUNAYYA
    14 Walikota Psp Irsan Efendi Nst Berharap Kader TP PKK Dapat Mendorong Pelaksanaan Pembangunan
    15 Bupati Rohil Lepas Ratusan Peserta Jalan Santai Kerukunan Sempena Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian
    16 Bupati Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    17 Polda Riau Berhasil Mengungkap Kasus Peredaran Narkotika dan Mengamankan Beberapa Barang Bukti
    18 Pipa Minyak PT.Bumi Siak Pusako (BSP) Bocor Dan Menggenangi Rumah Salah Seorang Warga
    19 Pemkab Siak Dukung Penuh Pergubri/no.56/2022 Tentang Pembangunan Rendah Karbon
    20 Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bupati Alfedri Minta Peran akif Perusahaan Atasi Banjir
    21 Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bupati Alfedri Minta Peran akif Perusahaan Atasi Banjir
    22 DPRD Kabupaten Muara Enim Rapat Paripurna Ke-l Pengangkatan Dan Pengesahan Plt Bupati Muara Enim
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting