Rabu, 23 Juni 2021
Follow Us ON :
 
| Upaya Tingkatkan Pelayanan Publik, Kejari Rohul Luncurkan Inovasi Program JAKSA | | Polres Rokan Hulu Giat Bakti Sosial Kesehatan Peringati HUT Bhayangkara ke 75 | | Sentra Vaksinasi di UTC Semarang, Ganjar Turun Tangan Tertibkan Antrean Warga Bergerombol | | Bupati Kendal Serius Dorong Pelaku UMKM Bisa Ekspor | | Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Kabupaten Sergai Disetujui DPRD | | Terima Kunjungan Kabinda Sumut, Bupati Sergai Sampaikan Beberapa Hal
 
Kemenkeu Jawab Gugatan Pembatalan Restrukturisasi Jiwasraya
Rabu, 19-05-2021 - 19:00:54 WIB
Kementerian Keuangan buka suara soal gugatan pembatalan restrukturisasi polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Negeri Jakarta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 
TERKAIT:
 
  • Kemenkeu Jawab Gugatan Pembatalan Restrukturisasi Jiwasraya
  •  

    Kupaskasus.com - Kementerian Keuangan buka suara soal gugatan pembatalan restrukturisasi polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Negeri Jakarta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Gugatan juga dilayangkan ke Menteri BUMN Erick Thohir, Jiwasraya, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
    Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari mengatakan sebenarnya kementerian tidak bisa memberi tanggapan karena gugatan tersebut tengah diperbaiki oleh penggugatnya, yaitu PT Bina Sarana Mekar dan Odilia Francesca ML.

    "Dari Kemenkeu belum ada tanggapan karena gugatan masih dalam perbaikan penggugat sesuai sidang dismissal proses," ujar Rahayu kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/5).

    Jiwasraya soal Digugat: Jika Tidak Justru Jadi Utang Piutang
    Selain itu, menurut Rahayu, gugatan yang sebelumnya sudah didaftar di PN Jakarta itu sebenarnya belum disampaikan ke kementerian sebelum diperbaiki.

    "Monggo silakan dicek ke penggugat," imbuhnya.

    Senada, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo juga menyatakan belum tahu menahu soal gugatan ini. Hanya saja, bila nanti sudah diproses, maka OJK akan mengikuti tahapan hukumnya.

    "Sampai saat ini kita belum dapat update mengenai hal ini. Kita akan ikuti setiap tahapan proses hukum," kata Anto.

    Sementara Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya R. Mahelan Prabantarikso mengatakan perusahaan sudah mengetahui soal gugatan tersebut. Saat ini, proses persidangan pun tengah dijalani dan Jiwasraya sudah merespons.

    "Saat ini dalam proses persidangan, kami sudah didampingi oleh JPN dan kami juga sudah menyiapkan dokumentasinya," ucap Mahelan.

    Kendati begitu, menurutnya, program restrukturisasi polis nasabah sebenarnya tidak salah karena merupakan kebijakan pemerintah. Selain itu, langkah ini juga sudah direstui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari sisi legislator dan OJK selaku regulator melalui pernyataan ketidakberatan atas rencana penyehatan keuangan Jiwasraya.

    Di sisi lain, bila tidak direstrukturisasi, menurutnya, klaim polis justru akan menjadi utang piutang di kemudian waktu. Maka dari itu, Jiwasraya terus menawarkan restrukturisasi kepada para pemegang polis sampai batas akhir 31 Mei mendatang.

    "Apabila pemegang polis tidak melakukan restrukturisasi, maka konsekuensinya akan ditinggalkan di JS dan nantinya bila JS sudah mengembalikan izin operasionalnya, maka akan berubah menjadi utang piutang," jelasnya.

    Gugatan terkait pembatalan program restrukturisasi ini dilayangkan pada 30 April 2021. Gugatan teregistrasi di nomor perkara 111/G/2021/PTUN.JKT. Gugatan menempatkan Menteri BUMN sebagai tergugat I, Jiwasraya tergugat II, Menteri Keuangan tergugat III, dan OJK tergugat IV.

    "Menyatakan batal atau tidak sah restrukturisasi Asuransi Jiwasraya sebagaimana ditetapkan oleh tergugat I dan tergugat II sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Keuangan dan Menteri BUMN dengan Nomor SK 143/MBU/05/2020 & Nomor 227/KMK.06/2020," tulis gugatan tersebut, seperti dikutip redaksi.

    Selain itu, penggugat juga meminta Surat Nomor 00060/S/T/BRS/0121 tertanggal 20 Januari 2021 perihal Pemberitahuan atas Restrukturisasi Polis dinyatakan batal atau tidak sah oleh PN Jakarta. Begitu juga dengan Surat Nomor 00001/S/T/BRS/0121 tertanggal 4 Januari 2021 perihal Pemberitahuan atas Restrukturisasi Polis dan Surat Nomor 00114/S/T/BRS/0221 tertanggal 05 Februari 2021 perihal Pemberitahuan atas Restrukturisasi Polis.

    "Mewajibkan kepada tergugat I dan tergugat III untuk mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Keuangan dan Menteri BUMN dengan Nomor SK 143/MBU/05/2020 & Nomor 227/KMK.06/2020," terangnya.

    Penggugat juga meminta agar PN Jakarta mewajibkan tergugat I untuk menghentikan program restrukturisasi Jiwasraya. Sementara tergugat II diwajibkan untuk mencabut program restrukturisasi pada polis-polis Jiwasraya.

    Selanjutnya, penggugat meminta pengadilan untuk mewajibkan tergugat I sampai III untuk membayar kerugian yang diderita oleh para penggugat.

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Kemenkeu Jawab Gugatan Pembatalan Restrukturisasi Jiwasraya
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Upaya Tingkatkan Pelayanan Publik, Kejari Rohul Luncurkan Inovasi Program JAKSA
    02 Polres Rokan Hulu Giat Bakti Sosial Kesehatan Peringati HUT Bhayangkara ke 75
    03 Sentra Vaksinasi di UTC Semarang, Ganjar Turun Tangan Tertibkan Antrean Warga Bergerombol
    04 Bupati Kendal Serius Dorong Pelaku UMKM Bisa Ekspor
    05 Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Kabupaten Sergai Disetujui DPRD
    06 Terima Kunjungan Kabinda Sumut, Bupati Sergai Sampaikan Beberapa Hal
    07 Seminar BEM PTMI, Baintelkam Polri Sampaikan Tak Semua Wilayah Papua Diganggu KKB
    08 Polri Bertindak secara Profesional, Kabid Humas : Itu Wajib Hukumnya Bagi Setiap Personel
    09 Istri Bupati Kuansing Jenguk dan Santuni Korban Selamat Kebakaran di Cerenti
    10 TMMD Jogja yang Berat Jadi Ringan, Hasilnya pun Maksimal
    11 Panas Terik Bukan Halangan, Anggota Satgas TMMD Lanjutkan Pekerjaan
    12 Tim Wasev Itdam IV/ Diponegoro Kunjungi TMMD Kota Yogyakarta
    13 Tim Pengawas Evaluasi Kunjungi Lokasi TMMD Reguler ke-111 Kodim 0732/Kota Yogyakarta
    14 TMMD Reguler Jogja Mewujudkan Harapan Masyarakat
    15 Tim Wasev Itdam IV/Diponegoro Cek Langsung Titik Lokasi Pembangunan Talud
    16 Wujudkan Kenyamanan Warga Masyarakat Kodim 0734/Kota Yogyakarta Buatkan Peresapan Air Hujan
    17 Dukung Fasilitas Guyup Rukun Warga Kodim Kota Jogja Bangun Balai RW Pakuncen
    18 Tim Wasev Itdam IV/Diponegoro Tinjau Langsung Sasaran Fisik Balai RW
    19 Fasilitas Umum Dibangun Melalui TMMD Reguler ke-111 Kodim Jogja
    20 Panas Terik Bukan Halangan, Anggota Satgas TMMD Lanjutkan Pekerjaan
    21 Peletakan Batu Pertama Pembangunan Terminal BBM, Ini Harapan Bupati Inhil Wardan
    22 Ikuti Rapat Antisipasi Teror Bom dengan Pemprov Riau, Ini Himbauan Wabup Inhil Syamsuddin Uti
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting