Jum'at, 27 Januari 2023
Follow Us ON :
 
| Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting | | Sekda Adi hadiri FGD Prosedur standar Surat Rekomendasi dan Surat Identitas Transportasi Tertentu | | Walikota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu | | Woooo Keren Pemkab PALI Berikan Bantuan Mobil Oprasional Ke Lapas Muara Enim | | Pj Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente T | | Polsek Kateman Berhasil Ungkap Pencurian, 1 Pelaku Diamankan
 
Kemenkeu Jawab Gugatan Pembatalan Restrukturisasi Jiwasraya
Rabu, 19-05-2021 - 19:00:54 WIB
Kementerian Keuangan buka suara soal gugatan pembatalan restrukturisasi polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Negeri Jakarta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 
TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com - Kementerian Keuangan buka suara soal gugatan pembatalan restrukturisasi polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Pengadilan Negeri Jakarta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Gugatan juga dilayangkan ke Menteri BUMN Erick Thohir, Jiwasraya, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari mengatakan sebenarnya kementerian tidak bisa memberi tanggapan karena gugatan tersebut tengah diperbaiki oleh penggugatnya, yaitu PT Bina Sarana Mekar dan Odilia Francesca ML.

"Dari Kemenkeu belum ada tanggapan karena gugatan masih dalam perbaikan penggugat sesuai sidang dismissal proses," ujar Rahayu kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/5).

Jiwasraya soal Digugat: Jika Tidak Justru Jadi Utang Piutang
Selain itu, menurut Rahayu, gugatan yang sebelumnya sudah didaftar di PN Jakarta itu sebenarnya belum disampaikan ke kementerian sebelum diperbaiki.

"Monggo silakan dicek ke penggugat," imbuhnya.

Senada, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo juga menyatakan belum tahu menahu soal gugatan ini. Hanya saja, bila nanti sudah diproses, maka OJK akan mengikuti tahapan hukumnya.

"Sampai saat ini kita belum dapat update mengenai hal ini. Kita akan ikuti setiap tahapan proses hukum," kata Anto.

Sementara Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya R. Mahelan Prabantarikso mengatakan perusahaan sudah mengetahui soal gugatan tersebut. Saat ini, proses persidangan pun tengah dijalani dan Jiwasraya sudah merespons.

"Saat ini dalam proses persidangan, kami sudah didampingi oleh JPN dan kami juga sudah menyiapkan dokumentasinya," ucap Mahelan.

Kendati begitu, menurutnya, program restrukturisasi polis nasabah sebenarnya tidak salah karena merupakan kebijakan pemerintah. Selain itu, langkah ini juga sudah direstui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari sisi legislator dan OJK selaku regulator melalui pernyataan ketidakberatan atas rencana penyehatan keuangan Jiwasraya.

Di sisi lain, bila tidak direstrukturisasi, menurutnya, klaim polis justru akan menjadi utang piutang di kemudian waktu. Maka dari itu, Jiwasraya terus menawarkan restrukturisasi kepada para pemegang polis sampai batas akhir 31 Mei mendatang.

"Apabila pemegang polis tidak melakukan restrukturisasi, maka konsekuensinya akan ditinggalkan di JS dan nantinya bila JS sudah mengembalikan izin operasionalnya, maka akan berubah menjadi utang piutang," jelasnya.

Gugatan terkait pembatalan program restrukturisasi ini dilayangkan pada 30 April 2021. Gugatan teregistrasi di nomor perkara 111/G/2021/PTUN.JKT. Gugatan menempatkan Menteri BUMN sebagai tergugat I, Jiwasraya tergugat II, Menteri Keuangan tergugat III, dan OJK tergugat IV.

"Menyatakan batal atau tidak sah restrukturisasi Asuransi Jiwasraya sebagaimana ditetapkan oleh tergugat I dan tergugat II sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Keuangan dan Menteri BUMN dengan Nomor SK 143/MBU/05/2020 & Nomor 227/KMK.06/2020," tulis gugatan tersebut, seperti dikutip redaksi.

Selain itu, penggugat juga meminta Surat Nomor 00060/S/T/BRS/0121 tertanggal 20 Januari 2021 perihal Pemberitahuan atas Restrukturisasi Polis dinyatakan batal atau tidak sah oleh PN Jakarta. Begitu juga dengan Surat Nomor 00001/S/T/BRS/0121 tertanggal 4 Januari 2021 perihal Pemberitahuan atas Restrukturisasi Polis dan Surat Nomor 00114/S/T/BRS/0221 tertanggal 05 Februari 2021 perihal Pemberitahuan atas Restrukturisasi Polis.

"Mewajibkan kepada tergugat I dan tergugat III untuk mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Keuangan dan Menteri BUMN dengan Nomor SK 143/MBU/05/2020 & Nomor 227/KMK.06/2020," terangnya.

Penggugat juga meminta agar PN Jakarta mewajibkan tergugat I untuk menghentikan program restrukturisasi Jiwasraya. Sementara tergugat II diwajibkan untuk mencabut program restrukturisasi pada polis-polis Jiwasraya.

Selanjutnya, penggugat meminta pengadilan untuk mewajibkan tergugat I sampai III untuk membayar kerugian yang diderita oleh para penggugat.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Kemenkeu Jawab Gugatan Pembatalan Restrukturisasi Jiwasraya
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting
    02 Sekda Adi hadiri FGD Prosedur standar Surat Rekomendasi dan Surat Identitas Transportasi Tertentu
    03 Walikota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu
    04 Woooo Keren Pemkab PALI Berikan Bantuan Mobil Oprasional Ke Lapas Muara Enim
    05 Pj Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente T
    06 Polsek Kateman Berhasil Ungkap Pencurian, 1 Pelaku Diamankan
    07 Personil Sat Samapta Polres Inhil Polda Riau Sasar Di Enam (6) Titik Giat Blue Light Patrol Tembilah
    08 Pemkab Muara Enim Bersama Polres Gelar Apel Gabungan Karhutla
    09 Secara Virtual Wabup Bersama Kapolres Rohul Ikuti Rakor Inspektur Se Indonesia
    10 Official Klub PS Epri Raih Juara 1 Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023 Desa Rambah T
    11 Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah V Hadiri Hari Jadi SMA N 1 Koto Baru Ke-37
    12 WaliKota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu
    13 Walikota Psp Irsan Efendi Nst Terima Audensi Ketua YPUB BUNAYYA
    14 Walikota Psp Irsan Efendi Nst Berharap Kader TP PKK Dapat Mendorong Pelaksanaan Pembangunan
    15 Bupati Rohil Lepas Ratusan Peserta Jalan Santai Kerukunan Sempena Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian
    16 Bupati Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    17 Polda Riau Berhasil Mengungkap Kasus Peredaran Narkotika dan Mengamankan Beberapa Barang Bukti
    18 Pipa Minyak PT.Bumi Siak Pusako (BSP) Bocor Dan Menggenangi Rumah Salah Seorang Warga
    19 Pemkab Siak Dukung Penuh Pergubri/no.56/2022 Tentang Pembangunan Rendah Karbon
    20 Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bupati Alfedri Minta Peran akif Perusahaan Atasi Banjir
    21 Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bupati Alfedri Minta Peran akif Perusahaan Atasi Banjir
    22 DPRD Kabupaten Muara Enim Rapat Paripurna Ke-l Pengangkatan Dan Pengesahan Plt Bupati Muara Enim
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting