Kamis, 21 Oktober 2021
Follow Us ON :
 
| Polres Rohul OTT Kades Sita Uang 20 Juta Hasil Pungli Pengurusan SKRT dan SKGR | | Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Menkopolhukam RI Silaturahmi ke Universitas Diponegoro | | Buka Apkasi Otonomi Expo 2021 Presiden Ajak Daerah Manfaatkan Peluang Ekspor | | Bupati Natuna Buka Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas dan APM | | Alumni Akabri 99 Riau Peduli Salurkan 1000 Bansos Dan Gelar 1000 Vaksinasi | | Razia Tempat Hiburan Malam Polisi Amankan Belasan Wanita Pemandu Karaoke
 
Polda Riau Ungkap Kasus Penggelapan Yang Rugikan Pengusaha Sembako senilai Rp3,7 Milyar
Rabu, 08-09-2021 - 22:57:58 WIB

TERKAIT:
 
  • Polda Riau Ungkap Kasus Penggelapan Yang Rugikan Pengusaha Sembako senilai Rp3,7 Milyar
  •  

    Kupaskasus.com, Pekanbaru - Kepolisian Daerah (Polda) Riau berhasil mengungkap kasus Tindak Pidana Penipuan Penggelapan yang merugikan pengusaha Sembako sekitar Rp3,7 Milyar. Sejak bulan Mei 2021 lalu, korban ditipu oleh anak buahnya sendiri yang diduga bekerjasama dengan kelompok lain.

    "Ini Kasus Penggelapan atau Penggelapan dalam jabatan, yang dijerat dengan Pasal 374 atau 378 KUHPidana. Korban atas nama Sumarni alias Mimi yang dirugikan sekitar Rp 3,7 Milyar. Terlapor, adalah karyawannya sendiri berinisial FT dan teman-temannya," ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto saat Jumpa Pers di Mapolda Riau, Rabu (08/09/21).

    Kabid Humas yang menggelar konferensi pers didampingi Direktur Ditreskrimsus Polda Riau Kombes Pol Teddy Ristiawan dan Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Riau Kompol Ernis Sitinjak mengungkapkan, kasus ini terkait barang-barang sembako milik UD Jaya Mandiri yang berlokasi di Jalan Dharma Bakti Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru.

    "Dimana korban mulai mengetahui adanya kejahatan ini pada tanggal 19 Agustus 2021 lalu. Ketika Supir UD Jaya Mandiri memberitahukan kepada korban tentang kecurigaannya terhadap Sales mereka berinisial FT perihal adanya orderannya fiktif yang dibuat FT," papar Narto, panggilan akrabnya.

    Ternyata, pada tanggal 23 Agustus 2021, FT memesan sembako lagi dari Gudang UD Jaya Mandiri atas Pemesanan dari pihak Toko berinisial Jo yang mengaku dari Kabupaten Siak. Setelah barang sembako dimuat, FT menyuruh supir untuk mengantarkan sembako tersebut ke gudang milik HD.

    Pemesanan berlanjut, pada tanggal 24 Agustus 2021, FT kembali memesan sembako dari gudang UD Jaya Mandiri, juga atas pesanan dari Jo di Siak. Lalu, FT menyuruh supir untuk mengantarkan sembako tersebut ke gudang HD.

    Curiga, suami korban, P Manurung, dan saudaranya, A Manurung, membuntuti mobil truk tersebut menuju gudang HD.

    Ternyata Gudang itu bukan di Kabupaten Siak melainkan di Jalan Riau. Disitu, mereka mendapati beberapa orang sedang membongkar atau memindahkan barang sembako dari 3 (tiga) unit mobil pick up milik korban Sumarni ke dalam gudang milik HD.

    Suami korban pun menyuruh para pekerja Gudang untuk mengembalikan barang-barangnya yang telah dimasukkan ke dalam gudang tersebut ke dalam mobil dan membawa kembali barang-barang tersebut kembali ke gudang UD Jaya Mandiri.

    FT mengaku, selama ini bekerja sama dengan HD untuk menjual barang-barang sembako milik UD Jaya Mandiri kepada HD dengan harga murah (dibawah harga modal, red) dan menyuruh supir UD Jaya Mandiri mengantarkan barang-barang sembako ke gudang HD, sesuai 46 faktur penjualan.

    FT membuat faktur penjualan palsu agar pemilik UD Jaya Mandiri tidak mengetahui barang-barang sembako tersebut dijual kepada HD dengan harga murah.

    Ternyata, FT malah tidak menyerahkan uang pembayaran barang-barang sembako sesuai 46 faktur penjualan sejumlah kurang lebih Rp3,4 Milyar kepada pemilik UD Jaya Mandiri. Ia malah menyuruh HD mengirimkan uang pembayaran barang-barang sembako itu ke rekening orang tuanya, berisinial NS.

    FT mengaku, Ia menggunakan uang hasil pembayaran barang-barang sembako tersebut untuk keperluan pribadi dan keluarganya.

    Hasil pemeriksaan, aksi ini ternyata sudah berlangsung sejak bulan Mei 2021 dimana HD, si Pemilik Gudang Jalan Riau ini lah yang mengajak FT untuk bekerja sama menjualkan barang-barang sembako dari UD Jaya Mandiri kepada dirinya dengan harga murah dan membuat faktur barang fiktif dan akan dibayarkan secara bertahap kepada FT.

    Setelah disepakati kerja sama tersebut, FT memesan/order barang-barang sembako kepada korban untuk diantarkan ke bebarapa toko yang berada di Kabupaten Siak dan Pelalawan.

    Kemudian, FT menyuruh supir mengantarkan barang-barang sembako tersebut ke gudang milik HD di Jalan Riau Ujung Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru.

    Setelah menerima barang-barang tersebut, HD menyuruh FT untuk membuat faktur penjualan fiktif agar tidak diketahui oleh pemilik UD Jaya Mandiri bahwa barang sembako tersebut dijual kepada HD dengan harga murah.

    Diketahui, sejak bulan Mei 2021 hingga 24 Agustus 2021, FT telah membuat orderan fiktif sesuai 76 faktur penjualan agar dapat membawa barang-barang sembako dari gudang UD Jaya Mandiri. Lalu, menyuruh supir mengantarkannya ke gudang HD di Jalan Riau.

    Untuk sebanyak 46 faktur pembelian tersebut, HD telah mengirimkan uang secara bertahap ke rekening NS, orang tua FT, yang totalnya kurang lebih sejumlah Rp1,4 Milyar selama periode 01 Juni 2021 sampai dengan 01 Agustus 2021.

    Namun, FT tidak menyerahkan uang tersebut kepada korban baik untuk pembayaran barang sembako sesuai 76 faktur penjualan.

    "Barang Bukti yang kita amankan antara lain: Rekening Koran Bank BRI atas nama NS, Ibu FT. 76 Faktur Penjualan, 1 (Satu) unit Handphone Merk VIVO, 2 (Dua) unit Handphone Merk OPPO, 2 (Dua) buah cincin emas dan 1 (Satu) buah gelang emas," ujar Sunarto mengakhiri konferensi persnya. (r/Firman)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Polda Riau Ungkap Kasus Penggelapan Yang Rugikan Pengusaha Sembako senilai Rp3,7 Milyar
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polres Rohul OTT Kades Sita Uang 20 Juta Hasil Pungli Pengurusan SKRT dan SKGR
    02 Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Menkopolhukam RI Silaturahmi ke Universitas Diponegoro
    03 Buka Apkasi Otonomi Expo 2021 Presiden Ajak Daerah Manfaatkan Peluang Ekspor
    04 Bupati Natuna Buka Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas dan APM
    05 Alumni Akabri 99 Riau Peduli Salurkan 1000 Bansos Dan Gelar 1000 Vaksinasi
    06 Razia Tempat Hiburan Malam Polisi Amankan Belasan Wanita Pemandu Karaoke
    07 Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing Buka Secara Resmi Musda- Rakerda PABPDSI Kabupaten Kuansing
    08 Kajari Kuansing Optimis Kasus Hotel Kuansing dan Pasar Modern Tuntas Tahun Ini dan ditetapkan tersan
    09 Alumni Akabri 99 Riau Peduli Salurkan 1000 Bansos Dan Gelar 1000 Vaksinasi
    10 Domestika Rizona Ketuai Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kuansing 2021-2026
    11 Satgas Yonif 410/Alugoro Bawa Misi Menjaga Kedaulatan Perbatasan RI - PNG Di Papua
    12 Rayakan Peringatan Maulid Nabi Bersama BKMT Gubernur Ajak Masyarakat Teladani Nabi
    13 Anggota Bermasalah Pecat!!!! LGS Dukung Tindakan Tegas Kapolri
    14 Tutup MTQ ke XIX Kecamatan Kandis Alfedri Berharap dengan MTQ ini menumbuhkan Manusia Qurani
    15 Serahkan zakat secara langsung Wabup Husni Sampaikan 2 Pesan kepada Mustahik
    16 Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak
    17 Khususnya Turjawali Tsabhara Dituntut Memiliki Fisik yang Sehat dan Kuat serta Skill yang Mumpuni
    18 Polres Karimun Secara Rutin Melaksanakan giat Vaksinasi kepada Warga Diseputaran Pos Polairud kolong
    19 Kasdam IV/Diponegoro Dan Forkopimda Jateng Berikan Apresiasi Tinggi Kepada Akabri 1999
    20 Sah!!! Wakil Bupati Suhardiman Amby di tetapkan Gubri PLT Bupati Kuansing
    21 Gubri dan Wagubri Resmikan Jembatan Sei Siasam
    22 PAMMI PAC Mranggen Karangawen selenggarakan rapat evaluasi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting