Minggu, 14 Juli 2024
Follow Us ON :
 
| Tim Patroli Perairan Dit Polairud Polda Riau Jaga wilayah hukum perairan kondusif, dan Ingatkan Nela | | Pemerintah Kota Padangsidimpuan Menggelar Presentasi Pendahuluan Penyusunan RDTR | | Bupati Rokan Hulu Masuk Bursa Calon Gubernur Riau Pilgubri 2024, Dukungan Terus Mengalir | | Lama Mengabdi 4 Guru Sujud Syukur Dihadiahi Umroh oleh Pj Gubernur SF Riau | | Pemkab Rohil Hadirkan Tower Seluler di Kepenghuluan Sei Tapah dan Sekeladi Hilir | | Tablig Akbar Peringati 1 Muharam 1446 H, Pemkab Rohil Hadirkan Ustaz Encep
 
Komitmen Pemerintah Kota Pekanbaru Akselarasi Pengadaan Barang yang Bersih dan Transparan
Sabtu, 15-06-2024 - 00:23:27 WIB
Teks foto : Bersama usai kegiatan
TERKAIT:
   
 

KupasKasus.com, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus mengakselarasi transaksi katalog elektronik dan elektronik untuk meningkatkan pengadaan barang dan jasa yang bersih dan transparan. 

Hal tersebut ditandai dengan diselenggarakannya Sosialisasi, Bimbingan Teknis dan Layanan Help Desk Mbizmarket yang diikuti oleh Pengguna Anggaran (PA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pejabat Pengadaan (PP) dan Bendara Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, bertempat di Ballroom Lantai 6 Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Kamis (13/6/2024).

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Hadi Firmansyah S.Ag, M.Si mengungkapkan, toko daring merupakan sistem informasi yang memfasilitasi pengadaan barang dan jasa melalui penyelenggaraan perdagangan melalui sistem elektronik dan ritel daring.

“Toko daring ini terdiri dari 4 kanal yaitu Bela Pengadaan, PDN non UMK, Kurasi Lokal, dan Kurasi Lainnya. Dan untuk toko daring pada kanal Bela Pengadaan yang menjadi salah satu mitra toko daring adalah Mbizmarket,” ungkapnya.

Bela Pengadaan adalah aplikasi yang dikelola oleh LKPP RI melalui kerjasama dengan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) atau E-marketplace saat ini berjumlah 49. 

Bela pengadaan menawarkan kemudahan dalam belanja pemerintah serta mendorong pertumbuhan usaha mikro dan usaha kecil yang mana digunakan oleh Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk melakukan pengadaan langsung barang dan jasa produk dalam negeri melalui usaha mikro dan usaha kecil dengan nilai paling banyak Rp 200 juta.

Sementara itu Penjabat Walikota yang diwakili oleh Plt Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Firmansyah Eka Putra ST MT dalam sambutannya menyatakan bahwa kartalog elektronik dan toko daring memberikan banyak manfaat positif. 

"Katalog elektronik dan toko daring merupakan salah satu transformasi digital dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dapat menjadi alat efektif untuk memulihkan serta memperkuat ekonomi melalui pengadaan yang efisien, transparan, dan inklusif,” ujar Eka.

“Hal ini juga mampu mengembangkan e-government procurement dengan tetap menjaga pilar pengadaan yang bersih dan transparan, sekaligus menjadi langkah pencegahan potensi korupsi,” tambahnya.

Eka mengatakan bahwa kompleksitas proses pengadaan dapat menjadi celah bagi para pelaku untuk mengambil keuntungan, terutama ketika pelaksanaannya dilakukan secara manual atau tatap muka. 

“Menyikapi fenomena tersebut, katalog elektronik dan toko daring hadir sebagai media yang tepat dengan menjaga pilar pengadaan yang bersih dan transparan,” katanya.

Eka menuturkan, dengan mengadopsi katalog elektronik dan toko daring, pihaknya dapat menciptakan proses pengadaan yang lebih akuntabel dan mengurangi peluang terjadinya korupsi.

“Transformasi digital ini juga mendukung program pemerintah dalam memberdayakan UMKM lokal melalui e-purchasing,” sambung Eka.

Eka menekankan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. 

“Jika tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, kemudahan transaksi dan penayangan produk pada katalog elektronik dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, kegiatan ini penting untuk dilakukan dan diikuti oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP),” tegasnya.

Dengan dibukanya sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat memahami dan menerapkan sistem katalog elektronik dan toko daring dengan lebih baik guna mencapai pengadaan yang lebih efisien, transparan, dan bebas dari korupsi. 

“Kami berkomitmen untuk terus mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa. Melalui penerapan katalog elektronik dan toko daring, kami yakin dapat menciptakan sistem pengadaan yang lebih efisien, mengurangi potensi penyimpangan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” tandasnya.(kmf/kk)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Komitmen Pemerintah Kota Pekanbaru Akselarasi Pengadaan Barang yang Bersih dan Transparan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Tim Patroli Perairan Dit Polairud Polda Riau Jaga wilayah hukum perairan kondusif, dan Ingatkan Nela
    02 Pemerintah Kota Padangsidimpuan Menggelar Presentasi Pendahuluan Penyusunan RDTR
    03 Bupati Rokan Hulu Masuk Bursa Calon Gubernur Riau Pilgubri 2024, Dukungan Terus Mengalir
    04 Lama Mengabdi 4 Guru Sujud Syukur Dihadiahi Umroh oleh Pj Gubernur SF Riau
    05 Pemkab Rohil Hadirkan Tower Seluler di Kepenghuluan Sei Tapah dan Sekeladi Hilir
    06 Tablig Akbar Peringati 1 Muharam 1446 H, Pemkab Rohil Hadirkan Ustaz Encep
    07 Rampung Dibangun, Bupati Kasmarni Tinjau RSUD Pulau Rupat
    08 Langkah Strategi Pemkab Siak Wujudkan Indonesia Emas 2045
    09 Kasdim 0322/Siak Hadiri Rapat Pembahasan Usulan Rekomendasi Cetak Sawah Baru di Bunga Raya
    10 Beraksi di Rumah Kontrakan, Pelaku Curanmor di Perawang Ditangkap Tim Opsnal Polsek Tualang
    11 Babinsa Kodim 0322/Siak Sosialisasikan Penerimaan Bintara PK Keahlian Khusus Pertanian
    12 Dandim 0322/Siak Bersama Forkopimda Siak Mengikuti Rakor Pilkada Serentak 2024
    13 Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan Empat Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika
    14 Bobol Toko Variasi Motor, Pelaku Berhasil Diamankan Polsek Kandis
    15 Tim Putra Polres Siak Juara di Final Open Tournament Voli Kapolda Cup Riau 2024
    16 Wabup Husni Optimis Prevalensi Stunting Siak Menuju Satu Digit
    17 Alfedri : Opini WTP 13 Kali Berturut, Jadi Motivasi Terus Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Daerah
    18 Alfedri : Apresiasi Pembangunan di Kampung Rawang Kao Berkembang Pesat
    19 Program Pengendalian Inflasi Pemkab Siak Terus Gelar Pasar Murah
    20 Salurkan Bantuan Pada Korban Kebakaran Langkiting
    21 Tim Evaluasi PTP2WKSS Sumut Turun ke Desa Batu Godang Tapsel
    22 Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rokan Hulu Giat Gemarikan Dorong Konsumsi Ikan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting