Jum'at, 07 Oktober 2022
Follow Us ON :
 
| Peringati Maulid Nabi Polres Kuansing Bakti Sosial serta Silaturahmi dengan Tokoh agama dan masyarak | | Kapolsek Ini Bersama Personelnya Rutin Beri Bantuan Kepada Lansia dan Masyarakat Kurang Mampu | | Pimpin Langsung Personil Mendirikan Rumah Warga Yang Kurang Mampu Dengan Bergotong-Royong | | Lapas Muara Enim Pindahkan 58 Napi Ke Lapas Lahat | | PTBA Bangun PLTS Irigasi Untuk 150 Hektar Sawah Di Lampung Tengah | | Disdukcapil Bengkalis Gelar Sosialisasi Pelayanan dan Pemanfaatan Data Kependudukan
 
Kementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
Selasa, 09-08-2022 - 19:17:13 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Siak - Kementerian Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan dokumen persetujuan subtansi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Sekitar Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Siak di Jakarta, Selasa (9/8/22). RDTR ini nantinya, akan di wujudkan bersamaan dengan inovasi Outlook Investasi Yurisdiksi Siak yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu.

Dokumen RDTR tersebut diterima Bupati Siak Alfedri dari Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Kementerian ATR/BPN Reny Windyawati, sehubungan dengan telah terbitnya persetujuan substansi dari Kementerian ATR/BPN tersebut bersamaan dengan empat RDTR kawasan industri dan perkotaan lainnya di Indonesia.

”RDTR memberikan kepastian kepada pemerintah dan calon investor dalam pengembangan dan penataan kawasan industri. Harus ada kesesuaian pemanfaatan ruang berdasarkan RDTR saat mengajukan perizinan berusaha untuk kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang. Disamping itu, kemudahan berinvestasi juga didapatkan calon investor karena perizinan telah terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS)" kata Bupati.

Dengan diterimanya dokumen tersebut, Bupati Siak Alfedri berharap kedepan dapat memberikan kepastian arah pembangunan dan investasi dalam mendukung tata kelola pemanfaatan tata ruang yang profesional, memenuhi aspek legalitas, serta menyeimbangkan kepentingan ekonomi dan lingkungan. Untuk itu, Pemkab Siak pada kesempatan yang sama juga mengajukan persetujuan RDTR Rencana Perkotaan untuk Kota Perawang.

"Beberapa waktu lalu, kita telah meluncurkan secara resmi Outlook Investasi Yurisdiksi Siak Tahun 2022. Sebagai panduan investasi hijau bagi multipihak, yang diklaim sebagai titik temu antara kepentingan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat, serta kepentingan dunia usaha"ucapnya.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Arifin yang hadir mendampingi Bupati Siak menjelaskan, dengan terbitnya RDTR Kawasan Industri Tanjung Buton diharapkan dapat memberikan kepastian terhadap kendali mutu pemanfaatan ruang wilayah, disamping itu juga menjadi acuan pengendalian pemanfaatan ruang, penerbitan izin pemanfaatan ruang, serta penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).

"Kaitannya dengan Siak Outlook Investasi Yurisdiksi, yaitu pada RTBL sebagai sebuah produk pengaturan yang disusun, untuk mensinergikan seluruh perencanaan yang ada di suatu kawasan misalnya tata bangunan gedung dan pengembangan lingkungan, untuk mendukung dan memberikan kontribusi terhadap terwujudnya kabupaten hijau yang berkelanjutan " kata Irving.

Sementara itu Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Kementerian ATR/BPN Reny Windyawati, menjelaskan persetujuan substanstif tersebut menjadi dasar bagi penetapan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Sekitar Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB), yang tertuang dalam Peraturan Bupati Siak Nomor 73 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan sekitar Kawasan Industri Tanjung Buton.

"Arah penataannya adalah perencanaan sekitar KITB sebagai pusat pelayanan regional melalui pengembangan industri dan pemukiman berdasarkan potensi lokal yang bernilai tambah dan berwawasan lingkungan" sebut Reny.

Dikesempatan itu ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama pemerintah daerah dalam penyelesaian persetujuan substantif usulan RTDR sehingga penyerahan dokumen dapat terlaksana.

"Terimakasih atas sharing pengalaman dan diskusi jajaran pemerintah daerah, tentunya pengalaman dan masukan-masukan akan berguna bagi kami dalam pembahasan usulan RDTR di wilayah lain" tutupnya.(r/sh.s)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Kementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peringati Maulid Nabi Polres Kuansing Bakti Sosial serta Silaturahmi dengan Tokoh agama dan masyarak
    02 Kapolsek Ini Bersama Personelnya Rutin Beri Bantuan Kepada Lansia dan Masyarakat Kurang Mampu
    03 Pimpin Langsung Personil Mendirikan Rumah Warga Yang Kurang Mampu Dengan Bergotong-Royong
    04 Lapas Muara Enim Pindahkan 58 Napi Ke Lapas Lahat
    05 PTBA Bangun PLTS Irigasi Untuk 150 Hektar Sawah Di Lampung Tengah
    06 Disdukcapil Bengkalis Gelar Sosialisasi Pelayanan dan Pemanfaatan Data Kependudukan
    07 Pemkab Tapsel Upayakan Tingkatan Usaha Ikan Lele dan Bebek Petelur Terintegrasi
    08 Bupati Tapsel Dukung Pengembangan UMKM Ikan Jurung "Presto" Batang Toru
    09 Pemkab Tapsel Dorong Pengembangan Usaha Tas Muara Batang Toru
    10 Meriahkan HUT ke 23 Rohul Pemkab Undang Artis Ibukota
    11 Seorang Bayi berumur 6 Bulan Mengidap Penyakit Radang Otak Mendapat Respon dari Ida Yulita Susanti
    12 Wabup Husni Hadir Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Riau
    13 Bupati Alfedri Mengikuti Rakor Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali
    14 Permudah Urusan Masyarakat Bupati Rohil Launching Aplikasi Si Koncang Pancasila
    15 Bupati Tapsel : Jamu Muara Batang Toru Bikin Segar
    16 Bupati Tapsel Ingin Keripik Tempe Jadi Komoditas Oleh-Oleh Tapsel
    17 Desa Rantau Sialang aktifitas PETI Siang Malam
    18 HUT TNI Ke-77 Polres Bangka Barat Berikan Tumpeng Kepada Kodim 0431/Bangka Barat
    19 Petani Tanjung Simandolak Panen Raya Bertepatan di Hari HUT Kuansing ke 23 Tahun
    20 Forum Masyarakat Bersatu Merapi Timur Demo PT Servo Lintas raya
    21 Alfedri Kenalkan Program TAKE Siak Hijau di Surabaya
    22 Satu Unit Alat Berat masih beraktifitas dugaan Aktifitas PETI Di Desa Saik Minta Kapolda Riau Tangka
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting