Selasa, 01 Desember 2020
Follow Us ON :
 
| Pekerjaan Tugu Terminal Tuba Terus Digencar Demi Keindahan Kota Menggala | | Kampanye di Kecamatan Bendungan, Syah Akan Kembangkan Pariwisata | | Polres Kuansing Laksanakan Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Pengapdian Perwira Polri | | Menyesal Tertunduk, Pembunuh Selingkuhan Istri Menyampaikan Permohonan Maaf | | Aktivis Perempuan Arab Saudi Disiksa secara Fisik dan Seksual 2,5 Tahun di Penjara | | Gubernur Riau Syamsuar dan Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19
 
Tingkatkan Pengetahuan Petugas Dalam Melaksanakan Pengadaan Barang dan Jasa Pada Kondisi Darurat
LPSE Siak Taja Pelatihan Aplikasi SPSE Terpusat
Jumat, 20-11-2020 - 14:55:04 WIB

TERKAIT:
 
  • LPSE Siak Taja Pelatihan Aplikasi SPSE Terpusat
  •  

    Kupaskasus.com, Siak - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekda kabupaten Siak menyelenggarakan Training Aplikasi SPSE Terpusat Untuk Pencatatan Pengadaan dalam Penanganan kondisi darurat COVID-19 khususnya di peruntukan kepada PA/KPA/PPK.

    Aditya Widyawan Prima, S.Kom., M.Si., CCMs., CP.NLP selaku Trainer LPSE Kabupaten Siak menyampaikan, pelatihan didasari Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang atau jasa Pemerintah beserta aturan turunannya, serta Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pencatatan Pengadaan Darurat pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik, yang merupakan salah satu tugas dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) adalah melakukan pencatatan hasil pengadaan dalam penanganan keadaan darurat pada aplikasi SPSE terpusat yang dapat diakses melalui website https://spse.lkpp.go.id.

    "Pengadaan barang/jasa dengan kondisi darurat di musim pandemi Covid-19 ini, oleh pemerintah penggunaan dana nya diawasi secara ketat oleh lembaga terkait. Tujuannya agar dana itu di pastikan tepat guna, tepat sasaran. Tentu masing-masing OPD harus benar-benar tepat dalam prosesnya. Karena itu banyak OPD ragu dan bertanya kepada kami, makanya kita taja pelatihan yang kami anggap sangat penting ini untuk masuk dalam usulan penganggaran pada APBD Perubahan TA.2020," ujar Aditya, di temui di ruang Training LPSE Siak kantor Bupati Siak, Kamis (19/11/20).

    Di jelaskan Adit, pengadaan barang atau jasa dalam penanganan keadaan darurat tidak dapat disamakan tata caranya dengan pengadaan barang atau jasa pemerintah secara umum ketika situasi stabil dan tanpa ada keadaan mendesak. 

    Sebagaimana yang diatur di dalam Pasal 59 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang atau jasa pemerintah, bahwa penanganan keadaan darurat dilakukan untuk keselamatan atau perlindungan masyarakat atau warga negara Indonesia yang berada di dalam negeri dan luar negeri yang pelaksanaannya tidak dapat ditunda dan harus dilakukan segera.

    "Jadi pengadaan barang/jasa pada situasi mendesak darurat seperti di musim pendemi covid 19 saat ini. Sesuai dengan regulasi nya PPK dapat langsung menunjuk Penyedia untuk melaksanakan pekerjaan yg sudah diidentifikan kebutuhan pada saat perencanaan. Adapun Tahapan Pengadaan Barang/Jasa dalam penanganan keadaan darurat meliputi: perencanaan pengadaan, pelaksanaan pengadaan, dan penyelesaian pembayaran. Dimana semuanya diatur di dalam Peraturan LKPP Nomor 13 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Dalam Penanganan Keadaan Darurat," ulasnya.

    Hasil yang diharapkan kata Adit, peserta Training memahami dan menguasai informasi dan tahapan serta prosedur terkait dengan Pengadaan Barang atau Jasa dalam Penanganan Keadaan Darurat ini meliputi perencanaan pengadaan, pelaksanaan pengadaan dan penyelesaian pembayaran. 

    Juga memberikan pemahaman kepada pelaku pengadaan yang bertugas melaksanakan pengadaan barang dan jasa dalam kondisi darurat COVID-19 khususnya kepada PA/KPA/PPK agar dengan yakin melaksanakan semua tahapan sesuai aturan.

    "Kami berharap kepada semua peserta Training dapat segera menginput data kedalam aplikasi yang sudah ada. Kepada peserta yang mengikuti training ini, dapat menyampaikan ilmunya kepada rekan-rekan OPD lain. Jika menemui kendala bisa melakukan konsultasi melalui kami di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Siak dan juga bisa menghubungi inspektorat kabupaten Siak selaku APIP," terangnya.

    Pelatihan yang pesertanya berasal dari seluruh OPD yang terdiri dari Badan/Dinas/Kantor/Bagian/Kecamatan yang membidangi Pengadaan Barang dan Jasa di Pemerintah Kabupaten Siak. Berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 16 s/d 18 November 2020 yang terbagi enam sesi dimulai senin lalu hingga rabu kemari bertempat di Ruang Training LPSE Kabupaten Siak.(r/sh.s)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • LPSE Siak Taja Pelatihan Aplikasi SPSE Terpusat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pekerjaan Tugu Terminal Tuba Terus Digencar Demi Keindahan Kota Menggala
    02 Kampanye di Kecamatan Bendungan, Syah Akan Kembangkan Pariwisata
    03 Polres Kuansing Laksanakan Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Pengapdian Perwira Polri
    04 Menyesal Tertunduk, Pembunuh Selingkuhan Istri Menyampaikan Permohonan Maaf
    05 Aktivis Perempuan Arab Saudi Disiksa secara Fisik dan Seksual 2,5 Tahun di Penjara
    06 Gubernur Riau Syamsuar dan Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19
    07 Pebalap Formula 1 GP Lewis Hamilton Positif Covid-19
    08 Sering Transaksi Narkoba Pemuda Ini Ditangkap Polisi Miliki 2 Paket Sabu
    09 Kasus Kekerasan Terhadap Anak Dalam Rumah Tangga Meningkat di Kabupaten Muara Enim
    10 Berawal dari Ops Yustisi, Polsek Bungaraya Polres Siak Ungkap Kasus Penyalahgunaan Narkotika
    11 Kementerian PUPR Lelang Dini Proyek Infrastruktur 2021, Senilai Rp46,64 T per 28 November 2020
    12 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif Covid-19
    13 Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Asahan Dikukuhkan
    14 Aldo Ariandra : Ajak Kaum Milenial Hindari Money Politic
    15 Viral Direktur BUMPD Responsif Arahan Pj Bupati Terkait Budidaya Gerunggang
    16 Ketuk Palu, APBD Bengkalis 2021 Sebesar 3,2 Triliun
    17 Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan HUT Korpri ke-49
    18 Pjs Bupati Dorong Baznas Rohul Bentuk Forum Zakat Upaya Optimalkan Penerimaan Zakat
    19 Ngelem Ginting Dilantik Menjadi Ketua Dewan Pendidikan Kota Padangsidimpuan
    20 Wali Kota Irsan Efendi Terima Anugerah Sahabat Pers
    21 Walkot Padangsidimpuan Hadiri Kejuaraan Bola Basket Virtual
    22 Laga Final Piala Askot Padangsidimpuan, Petarung FC Bantai Persenas FC 4-0
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting