Rabu, 30 November 2022
Follow Us ON :
 
| Plt Bupati Kuansing Pelatihan Para Pemangku Adat ,Pemerintah Komit Sejahterakan Pemangku Adat | | Bantuan Kemanusiaan Polda Riau untuk Korban Gempa Cianjur Tiba di Jakarta | | Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Hadiri HAKORDIA Tahun 2022 | | Polres Muara Enim Berhasil Ungkap Tersangka Kasus Korupsi 15 Miliar Lebih | | Kondisi Lapas Teluk Kuantan Memprihatinkan Pemkab Kuansing Akan Hibahkan Lahan untuk Gedung Baru | | Tingkatkan Kemampuan Petani dan Penyuluh Kabupaten Kampar Berguru Ke Kuansing
 
Disdukcapil Bengkalis Gelar Sosialisasi Pelayanan dan Pemanfaatan Data Kependudukan
Jumat, 07-10-2022 - 10:30:51 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com,
BENGKALIS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis menggelar sosialisasi pelayanan dan pemanfaatan data kependudukan. Bertempat di aula Kecamatan Bengkalis, Rabu, 5 Oktober 2022.

Acara sosialisasi ini merupakan kecamatan kelima setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Talang Muandau, Pinggir, Mandau dan Bathin Solapan.

Dalam laporan panitia yang disampaikan Abdul Kadir yang juga sebagai Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bengkalis bahwa peserta kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan berjumlah 40 orang.

Terdiri dari Ka.UPT Disdukcapil Kec. Bengkalis, Ka KUA Bengkalis. Korcam Pendidikan Kec Bengkalis. Kades Lurah. TPP PKK Kecamatan, Darma Wanita Kec. Bidan Desa dan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kec Bengkalis.

Kemudian narasumber pada sosialisasi yakni Dari Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau yaitu Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Multi Handaiani Tintin, dan Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil , Dwi Setiawati.

Camat Bengkalis diwakili Kasi Pemerintahan Muhammad Dodi Islami mengatakan Pemerintah Kecamatan Bengkalis memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Kabupaten Bengkalis atas pelaksanaan sosialisasi pemanfaatan data kependudukan.

“Kami berpesan kepada semua peserta agar dapat menyampaikan kepada warga masyarakat untuk dapat mengurus dokumen kependudukan yang seharusnya dimiliki,” kata Dodi Islami.

Dodi Islami juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat kecamatan Bengkalis untuk segera mengurus dokumen kependudukan yang belum dimiliki karena Disdukcapil telah memberikan layanan secara mudah cepat dan gratis.

Acara dibuka oleh Kadisdukcapil Kabupaten Bengkalis H Ismail diwakili Sekretaris Nurfaridinsyah.

Nurfaridinsyah mengatakan Disdukcapil menyelenggarakan sosialisasi pelayanan dan pemanfaatan data kependudukan sejalan dengan Visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera.

Nurfaridinsyah menambahkan bahwa dalam lima tahun kedepan Pemkab Bengkalis melaksanakan delapan program unggulan untuk guna mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermasa, diantaranya Peningkatan Pelayanan Sistem Kependudukan berbasis mobile. Strateginya melalui upaya mendekatkan Petugas Pelayanan Kependudukan Kepada Masyarakat, Meningkatkan Sistem Pelayanan Kependudukan Berbasis Online, menyediakan Mobil Layanan Online Kependudukan(Molduk).

Berbagai inovasi dan kebijakan telah dibuat dan dilaksanakan untuk mengimplementasikan Program unggulan tersebut, antara lain pembentukan UPT Disdukcapil dan beroperasi dengan kewenangan penuh pada 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Disamping itu terus dioptimalkan peran petugas registrasi yang ditunjuk disetiap Desa/Kelurahan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke UPT di ibukota kecamatan atau Disdukcapil untuk mendapatkan pelayanan, dan masih ada 9 inovasi lainnya yang semuanya bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan pelayanan.

Nurfaridinsyah berharap melalui sosialisasi yang dilaksanakan dapat semakin meningkatkan implementasi tertib administrasi kependudukan, antara lain Tertib Database Kependudukan, Tertib Penerbitan NIK, Tertib kepemilikan Dokumen Kependudukan (KK, KTP, Akta Pencatatan Sipil).

Pelayanan dibidang Kependudukan merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis BERMASA, karena penduduk menjadi titik sentral tujuan pembangunan yang dilaksanakan.

Papar Nurfaridinsyah pelayanan kependudukan memang bukan pelayanan dasar, tetapi dokumen kependudukan akan menjadi dasar semua pelayanan yang akan diakses penduduk.

“Kami ingin memastikan seluruh penduduk terdaftar dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri, Ditjen Dukcapil. Penduduk memiliki dokumen kependudukan secara lengkap, seperti KTP-el, KIA, Akta Kelahiran dan lainnya, dimanapun mereka berdomisili dalam Kabupaten Bengkalis, diperkotaan maupun pedesaan. (R/H.N)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Disdukcapil Bengkalis Gelar Sosialisasi Pelayanan dan Pemanfaatan Data Kependudukan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Plt Bupati Kuansing Pelatihan Para Pemangku Adat ,Pemerintah Komit Sejahterakan Pemangku Adat
    02 Bantuan Kemanusiaan Polda Riau untuk Korban Gempa Cianjur Tiba di Jakarta
    03 Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Hadiri HAKORDIA Tahun 2022
    04 Polres Muara Enim Berhasil Ungkap Tersangka Kasus Korupsi 15 Miliar Lebih
    05 Kondisi Lapas Teluk Kuantan Memprihatinkan Pemkab Kuansing Akan Hibahkan Lahan untuk Gedung Baru
    06 Tingkatkan Kemampuan Petani dan Penyuluh Kabupaten Kampar Berguru Ke Kuansing
    07 Polsek Gunung Megang Berhasil Amankan Dua Orang Pencuri Hewan Ternak
    08 Pemprov Kepri Gelar Upacara Peringatan HUT ke-51 KORPRI Tahun 2022
    09 Peletakan Batu pertama pembangunan rumah layak huni Kanwil Menkumham Riau Puji Pemkab Kuansing
    10 Diterima Langsung Bupati Cianjur, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Bencana Gempa Rp 676,956,000
    11 Ketum DPP Santri Tani NU bersama Dir Binmas Polda Riau Lakukan Penanaman Bibit Jagung di Tanjung Pal
    12 Plt Bupati Suhardiman Amby Pimpin Upacara Kesiagaan Bencana Dan Gelar Pasukan
    13 Diduga ada Kecurangan, Pilkades Sialang Jaya Tidak Ikuti Pilkades Serentak
    14 Dugaan Limbah PT KAI Cemari Sungai Batang Peranap Sitiang Pucuk Rantau
    15 Anggota Polres Inhil Polda Riau Laksanakan Latihan Menembak
    16 Kakanwik Kemenkumham Riau Sidak ke Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan
    17 PLT Bupati Suhardiman Amby Lantik 7 Pejabat Eselon ll Lingkungan pemerintah Kabupaten Kuansing
    18 HUT PGRI ke 77, Guru Bangkit dan Pendidikan
    19 Tahun 2024 Ditargetkan 34 Ribu Pelajar Tapsel Mahir Berhitung
    20 Opening Ceremony Tour De Siak 2022 di Buka Ketua PB ISSI
    21 Bupati Siak : Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan
    22 Kukuhkan pengurus Forum Anak Siak, ini Harapan Sekda Arfan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting