Selasa, 18 Januari 2022
Follow Us ON :
 
| Sepekan Terakhir Karhutla Kembali Marak di Bintan Ini Pesan Roby | | Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia Muara Enim Mintak Kapolres Usut Tuntas Kekerasan Wartawan | | Korem 045/Gaya Kepulauan Bangka Belitung Gelar Vaksinasi Anak Ceria | | Team Nakes Koril 414-04/Koba Melaksanakan Vaksin Yang Ceria | | Danrem 045/Gaya Kep Babel Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Kep.Babel | | Dinilai Konsisten Mendukung Gerakan Zakat, Gubernur Syamsuar Terima BAZNAS Award
 
Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan
Selasa, 30-11-2021 - 07:57:28 WIB
Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rakor Aliran Kepercayaan dan Keagamaan
TERKAIT:
 
  • Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan
  •  

    Kupaskasus.com, Taluk Kuantan - Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan aliran keagamaan dalam Masyarakat, Senin (29/11 2021), di ruang pertemuan Rumah makan Sederhana Taluk Kuantan.

    Tujuan dari kegiatan Rakor pengawasan Aliran kepercayaan dan aliran keagamaan masyarkat adalah untuk mewujudkan manajemen Tim  Pakem yang berintegritas, tertib, terarah dan akuntabel sehingga aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat terhadap ajaran atau faham aliran kepercayaan masyarakat atau keagamaan yang meresahkan masyarakat karena diindikasikan penyimpangan atau sesat dan menodai, menghina atau merendahkan satu aliran kepercayaan masyarakat atau suatu agama,dapat menimbulkan  rasa kebencian atau permusuhan  dalam masyarakat serta dapat merusak kerukunan umat beragama.

    Rapat dihadiri Pabung Inhu-Kuansing, Kasat Intel Polres Kuansing, Kadis Pendisikan Pemuda dan Olahraga, Ketua MUI Kuansing, Kasi Binmas Kemenag Kuansing, Kabid Ketahanan dan Penanganan Konflik Kesbangpol, Ketua FKUB serta ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Kuansing.

    Dalam Rakor pakem tersebut  sebagaimana diatur dalam pasal 30 ayat 3 huruf d dan e UU No. 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, menyatakan, dalam bidang Ketertiban dan ketentraman umum kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan pengawasan kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara dan pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama. Serta langkah-langkah dan tata cara pengawasan pakem meliputi tindakan preventif

    Dalam kesempatan tersebut, Kajari Kuansing Hadiman di dampingi Kasi Intel Kajari Rinaldi Adriansyah, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan langkah-langkah atau deteksi dini terhadap aliran sesat yang berkembang di tengah-tengah masyarakat akhir-akhir ini.

    Untuk itu diperlukan pengawasan dan pembinaan guna meminimalisir dan menghindari konflik di tengah-tengah masyarakat yang bisa menimbulkan perpecahan dan keutuhan bangsa.

    "Diharapkan melalui kegiatan ini dapat semakin memperkuat dan merawat persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita tidak bisa berdiam diri terhadap ancaman perpepacahan,'' ungkap Hadiman.

    Dalam  rakor tersebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuansing yang diwakili Mulkan Sarin menjelaskan, aliran  kepercayaan di kuansing  ada di kuansing seperti Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Ahmadiyah serta aliran lainnya.

    Kedua aliran tersebut menurut fatwa MUI pusat sesat walaupun belakangan sudah mengalami paradigma baru namun dilapangan tidak ada perubahan, dalam ibadah misalnya dalam ibadah shalat jumat mereka tidak ikut berbaur dengan masyarakat dan menyesatkan orang yang tidak sepahan dengan mereka"jelas Mulkan Sarin.

    Kemudian dalam membenahi persoalan ini, peran pemerintah daerah sangat penting, kepala daerah yang responsif dalam menyelesaikan persoalan ini sehingga tidak menimbulkan konflik baru ditengah masyarakat," tutup Mulkan Sarin

    Sementara Kasat Intel Polres Kuansing, Rian Saputra memberikan masukan terkait aliran kepercayaan yang berkembang di Kuansing masalah yang sangat mencuat ke permukaan terkait tempat ibadah, kita harus memecahkan masalah ini secara bersama kita dudukan masalah ini secara musyawarah dengan melibatkan pemerintah daerah

    Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

    Polri akan selalu menciptakan terwujudnya toleransi, penetralisir terhadap perbedaan pendapat untuk mencegah terjadinya konflik ditengah masyarakat, termasuk mempercepat proses kerukunan dan toleransi" ungkap Rian Saputra

    Sementara ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bakhtiar Saleh meminta adanya kerukunan yang kuat di kabupaten kuansing, FKUB mendorong setiap aliran keagamaan harus tau batasan yang disebut larangan aliran keagamaan mana pengancaman, pendoktrinan kepada pemeluk agama

    Selain itu,rakor ini merupakan salah satu upaya menyamakan persepsi dan pandangan agar mampu menemukan solusi jika terjadi perselisihan.

    Saat ini kita nilai masih dalam keadaan kondusif. Kerukunan ummat di negeri ini kita ketahui masih sangat baik, namun meski demikian, antisipasi agar tetap mampu menjaga kerukunan harus dilakukan, terutama lewat wadah FKUB. Sehingga peran FKUB adalah Pertama, melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat.

    Kedua menampung aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat.

    Ketiga, menyalurkan aspirasi  ormas keagamaan dan masyarakat.

    "Jika hal ini sudah kita lakukan dan mentaati peraturan yang telah dibuat pemerintah maka semua persoalan akan dapat diatasi," tutupnya. (Neneng)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sepekan Terakhir Karhutla Kembali Marak di Bintan Ini Pesan Roby
    02 Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia Muara Enim Mintak Kapolres Usut Tuntas Kekerasan Wartawan
    03 Korem 045/Gaya Kepulauan Bangka Belitung Gelar Vaksinasi Anak Ceria
    04 Team Nakes Koril 414-04/Koba Melaksanakan Vaksin Yang Ceria
    05 Danrem 045/Gaya Kep Babel Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Kep.Babel
    06 Dinilai Konsisten Mendukung Gerakan Zakat, Gubernur Syamsuar Terima BAZNAS Award
    07 Gabungan Brimob Dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi, Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker
    08 Tinjau Pelabuhan Benoa Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    09 Polda Sumsel dan Polres Muara Enim Kunjungi Kampung Kemayoran
    10 Serahkan DPA 2022 Kepada OPD Gubernur Ansar Ingatkan Percepat Penyerapan Anggaran
    11 Korem 045/Gaya Gelar Upacara Bendera Bulanan
    12 2 Oknum Brigadir Polri Anggota Polres PangkalPinang di Pecat Secara Tidak Hormat
    13 Pimpin Apel Pagi Kapolres Bangka Barat Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK
    14 Kapolres Bangka Barat Memberi Reward Kepada Anggota yang Berhasil Mengsukseskan Vaksinasi
    15 PLT Bupati Suhardiman Amby Pimpinan Upacara Apel Perdana 17 Hari Bulan di lingkungan Pemerintahan
    16 Dua Pelaku Penjamretan di Padangsidimpuan Meninggal Dunia
    17 Bhakti Sosial Vihara Dharma Shanti Sentuh Semua Lapisan Roby Sebut Ini Cermin Kebhinekaan
    18 Sat Lantas Polres Bangka Barat melaksanakan Patroli Rutin Guna Menurunkan Tingkat Pelanggaran Lalu L
    19 Tinjau Pelabuhan Benoa Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    20 Gabungan Brimob dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker
    21 Hadir di Pelantikan Ketua RT dan RW ke Kecamatan Minas ini Pesa Alfedri
    22 Aktivis Larshen Yunus Temui Tokoh Masyarakat Riau Fajar MS:Beliau ini Murni Berjuang Melawan Korupsi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting