Senin, 26 Februari 2024
Follow Us ON :
 
| Bupati Kasmarni Akan Terapkan Reward dan Punishment | | Lelang Terkait Peralihan Hak Kepemilikan PT TBS dengan PT KTBM | | Pimpin Rapat Evaluasi, Ansar Ingatkan OPD Tingkatkan Kinerja | | Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal MAN 2 CUP VI | | Masyarakat Danau KHS Bangga Dengan Kepemimpinan Suhardiman Amby | | Perjuangan Kabupaten Bengkalis Mempertahankan Teritorial NKRI dalam Menghadapi Abrasi
 
Wabup Rohil Buka Bimtek Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
Kamis, 22-09-2022 - 13:48:36 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Rohil - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis risiko. Bimtek tersebut dipusatkan di Hotel Armarosa, Jalan Kecamatan, Bagansiapiapi, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan Bimtek dan sosialisasi tersebut juga tampak dihadiri Kepala DPMPTSP Rohil Cici Sulastri, beberapa kepala OPD serta perwakilan para pelaku UMKM se Kabupaten Rohil.

Wabup Rohil H Sulaiman dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Bimtek bertujuan untuk membantu peningkatan realisasi investasi dan kepatuhan pelaku usaha dalam memenuhi ketentuan pelaksanaan penanaman modal termasuk mendapatkan kemudahan perizinan berusaha di masing-masing daerah.

Sasaran Bimtek dan sosialisasi sendiri katanya, adalah para pelaku usaha baik skala besar sampai pelaku UMKM dan diharapkan dapat mengetahui dan memahami regulasi undang-undang yang terbaru proses perizinan berusaha berbasis OSS serta kebijakan-kebijakan dari kementerian investasi bagi para pelaku UMKM yang ada.

"Yang ada permasalahan atau kendala dalam proses perizinan melalui DPMPTSP akan kami fasilitasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan aturan yang ada," katanya.

Saat ini lanjutnya, pemerintah berusaha agar perekonomian khususnya di kabupaten Rohil dapat meningkat. UMKM di harapkan bagian dari penggerak ekonomi meningkatkan penambahan tenaga kerja, mengurangi pengangguran dan profesional dalam berusaha.

Wabup menerangkan, perhatian pemerintah terhadap UMKM baik kecil maupun menengah sudah terbukti dengan adanya BLT dan sebagainya sesuai peraturan menteri nomor 1 tahun 2022 tentang pelaksanaan kemitraan usaha besar dengan UMKM. Diharapkan para pelaku UMKM mewujudkan investasi yang inklusif tetap terjaga dengan memberdayakan UMKM.

Atas dasar-dasar inilah kegiatan Bimtek sosialisasi tersebut diadakan agar para pelaku UMKM dapat mengerti dan agar para pelaku usaha UMKM paham proses perizinan perusahaan melalui sistem OSS.

"Kami selaku pemerintah daerah atas nama Bupati Rohil sangat mendukung atas terselenggaranya acara Bimtek sosialisasi ini melalui dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, kami akan terus memberikan fasilitasi kepada para pelaku usaha baik non UMKM dan UMKM yang nantinya investasi dan perekonomian Kabupaten Rohil menjadi meningkat dan sejahtera," paparnya.

Wabup menambahkan, Bimtek tersebut merupakan program dari pemerintah bagaimana UMKM yang ada di Rohil bisa di bina sehingga bergerak lebih maju.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini kedepan UMKM yang ada di Kabupaten Rohil bisa bersaing dengan UMKM yang ada di luar Rohil," jelasnya.

Semua pihak kata Wabup, harus semangat dalam mengembangkan dan memajukan UMKM yang ada di Rohil. Sebab Rohil telah memiliki banyak produk UMKM dan hanya perlu pembinaan dengan memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM bahwa mendirikan usaha bukan hanya sekedar untuk meniti kehidupan.

Apalagi sebutnya, Rohil sudah banyak UMKM yang muncul kepermukaan seperti daun kelar dari Bagan Batu, batik dari Panipahan, kain songket dari Kecamatan Tanah Putih dan berbagai UMKM lainnya.

"Untuk mendukung para pelaku UMKM pemerintah daerah khususnya untuk UMKM izin nya akan di permudah. Dengan adanya Bimtek ini kita berharap para pengusaha bisa mengetahui tentang tata cara perizinan, bagaimana proses mendapatkan kartu perizinan dan sebagainya," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan Provinsi Riau Drs H. Helmi memberikan apresiasi kepada Pemda Rohil yang telah menyelenggarakan Bimtek yang dilaksanakan Dinas Perizinan.

Sebab katanya, sesuai dengan aturan BKPM  mengamanatkan pelaku usaha besar wajib membangun kemitraan dengan UMKM. Kemitraan itu bisa dalam bentuk bantuan modal, manejerial maupun bantuan teknologi.

"Sehingga kita berharap rekan-rekan Kabupaten kota mampu menindaklanjuti regulasi tersebut, karena UMKM ini adalah hajat hidup orang banyak. Semakin tumbuh UMKM yang mapan, maka semakin tumbuh ekonomi Kabupaten Rohil," pungkasnya.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Wabup Rohil Buka Bimtek Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Kasmarni Akan Terapkan Reward dan Punishment
    02 Lelang Terkait Peralihan Hak Kepemilikan PT TBS dengan PT KTBM
    03 Pimpin Rapat Evaluasi, Ansar Ingatkan OPD Tingkatkan Kinerja
    04 Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal MAN 2 CUP VI
    05 Masyarakat Danau KHS Bangga Dengan Kepemimpinan Suhardiman Amby
    06 Perjuangan Kabupaten Bengkalis Mempertahankan Teritorial NKRI dalam Menghadapi Abrasi
    07 Perjuangan Kabupaten Bengkalis Mempertahankan Teritorial NKRI dalam Menghadapi Abrasi
    08 Bupati Bengkalis Berharap Sinergisitas Dapat Ditingkatkan
    09 Wali Kota Padangsidimpuan Ajak BKMT Tingkatkan Peran Pemberdayaan Masyarakat
    10 Pemkot Pekanbaru: Serah Terima Aset 36 Ruas Jalan ke Pemprov Dilakukan Bulan Maret
    11 Pj. Walikota Letnan Buka Upacara Sanggah Tangguh Pramuka Penegak & Pandega 2024
    12 Perjuangan Pemda Bengkalis dalam Mempertahankan Jengkal Demi Jengkal Teritorial NKRI
    13 Perempuan Muda Diringkus Tim Gabungan Polres Inhu, Ini Kasusnya
    14 Hilirisasi Jadi Program Utama Guna Kurangi Angka Pengangguran
    15 Aplikasi E-berpadu Sangat Bermanfaat Bagi Keluarga Tahanan Rutan Karimun
    16 Bupati Siak Alfedri Menjadi Pemimpin Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa
    17 Sukses Terapkan Program Bangga Kencana, Pemkab Siak Dapat DAK Bidang KB
    18 Hadir HPN 2024, Kadis Kominfo Siak Sampaikan Dua Pesan Khusus Presiden Jokowi
    19 Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji
    20 Perbaikan Jalan Utama Siak-Sungai Mandau Jadi Prioritas
    21 Bupati Kasmarni Buka Bimtek BLUD dan BOK Puskesmas 2024
    22 Hari Pers Nasional Ke-78, 34 Wartawan Dharmasraya Diberangkatkan Bersama Dinas Kominfo
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting