Senin, 26 Februari 2024
Follow Us ON :
 
| Bupati Kasmarni Akan Terapkan Reward dan Punishment | | Lelang Terkait Peralihan Hak Kepemilikan PT TBS dengan PT KTBM | | Pimpin Rapat Evaluasi, Ansar Ingatkan OPD Tingkatkan Kinerja | | Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal MAN 2 CUP VI | | Masyarakat Danau KHS Bangga Dengan Kepemimpinan Suhardiman Amby | | Perjuangan Kabupaten Bengkalis Mempertahankan Teritorial NKRI dalam Menghadapi Abrasi
 
Pemkab Rohil Segera Terapkan Perda Tuntaskan Masalah Sampah Di Daerah
Kamis, 23-04-2020 - 14:42:43 WIB

TERKAIT:
   
 

(adv)Kasus.com, Rohil - Tuntaskan permasalahan sampah tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir resmi menerapkan  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah dan peraturan Bupati No 58 Tahun 2019 tentang pembatasan pemakaian kantong plastik serta  peraturan Bupati NO 59 Tahun 2019 tentang tata cara pemberian Sanksi Administrasi bagi para pelaku usaha yang kedapatan membuang sampah sembarangan Dinas Lingkungan Hidup secara resmi telah mengukuhkan 9 orang tim satuan tugas (Satgas) Pemantauan dan Pengawasan Pengelolaan Sampah.

Penerapan Perda Nomor 6 Tahun 2017 dan Perbup No 58 Tahun 2019 serta Perbup No 59 Tahun 2019 itu pemerintah daerah ingin Kabupaten Rokan Hilir selalu dalam keadaan myaman bersih dan asri.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pemerintah daerah telah membentuk Tim Satuan Tugaa (Satgas) dan telah resmi dikukuhkan oleh Bupati Rokan Hilir H.Suyatno di wakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi,SSos di aula kantor DLH, Jalan Lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi beberapa bulan yang lalu.

Tujuan pengukuhan Tim Satgas tersebut adalah untuk melaksanakan tugas dalam penerapan Perda tentang pengelolaan sampah untuk menciptakan Rokan Hilir  selalu dalam situasi yang nyaman,bersih dan Asri.

Tim Satgas Sampah yang dibentuk berasal dari beberapa petugas pengawas Dinas Lingkungan Hidup yaitu sebanyak 9 orang ditugaskan untuk memberikan pemahaman/sosialisasi selama 3 Bulan kepada masyarakat agar dapat untuk mengubah perilaku masyarakat yang selama ini mungkin tidak peduli dengan sampah yang dihasilkan serta membuang sampah sembarangan juga membuang sampah tidak pada waktu yang ditentukan.

Selama 3 bulan diberikan sosialisasi setelah itu baru diterapkan sanksi berupa teguran,sanksi administrasi dan sanksi denda yang akan dijatuhkan bagi pembuang sampah sembarangan oleh pemerintah kabupaten Rokan Hilir.

Kadis LH Rohil, Suwandi SSos mengatakan bahwa penerapan perda sampah bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan kebersihan lingkungan. "Masalah sampah ini adalah masalah nasional, maka diperlakukan Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah dan peraturan Bupati No 58 Tahun 2019 tentang pembatasan pemakaian kantong plastik serta  peraturan Bupati NO 59 Tahun 2019 tentang tata cara pemberian Sanksi Administrasi bagi para pelaku usaha yang kedapatan membuang sampah sembarangan," kata Suwandi.

Lanjut Suwandi, Papan larangan telah di pasang disetiap titik sebagai peringatan  untuk dapat di perhatikan masyarakat. sebelum sanksi tegas diberlakukan sebagaimana sudah ditentukan dalam Perda nomor 6 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah yang berisikan "setiap pengusaha/badan/orang dilarang: membuang sampah di pekarangan/ sungai/ parit/ saluran irigasi/ drainase,taman kota, tempat terbuka, fasilitas umum dan jalan atau tidak ditempat yang telah ditentukan" ujarnya.

Jelas Suwandi, sebagaimana sanksinya bagi setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana yang dimaksud dipidana dengan pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp 50.000.000.

"Dinas Lingkungan Hidup memasang papan plang atau pamlet peringatan juga menyebarkan surat edaran bupati di sejumlah titik," ungkapnya.

Selain itu, program gerakan peduli sampah terus digalakkan pemerintah daerah agar masyarakat peduli akan kebersihan dan memanfaatkan sampah menjadi sumber ekonomi masyarakat.

Bupati Suyatno mengatakan masalah sampah khususnya di Kota Bagansiapiapi sangat luar biasa. Dengan kerajinan petugas kebersihan yang ada dilingkungan DLH sehingga mampi menunjukkan penilaian positif. "Sekarang Kota Bagansiapiapi sudah bersih karena petugas kebersihan bergantian mengangkat sampah,"kata Bupati Rohil.

Diakui Suyatno, kinerja Kadis LH yang bekerja tanpa pamrih dan tidak kenal lelah untuk meningkatkan kebersihan kota yang kini tampak bersih nyaman dan indah.

"Salah satu contoh adalah pengecatan dipinggir-pinggir jalan kalau kita menilai cat itu memang kurang ada arti. Akan tetapi setelah disulap oleh kadis LH kini Kota Bagansiapiapi terlihat indah dengan warna warni lengkap dengan lampu hiasnya," kata bupati Suyatno.

Selain itu di Kota Bagansiapiapi dimana-mana kini  ada lampu hias mulai dari Kota Bagansiapiapi hingga taman budaya Batu Enam tampak sangat indah sekali. "Ya, target kita sebelum puasa sudah terpasang semua,nya," tandasnya.(Adv)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohil Segera Terapkan Perda Tuntaskan Masalah Sampah Di Daerah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Kasmarni Akan Terapkan Reward dan Punishment
    02 Lelang Terkait Peralihan Hak Kepemilikan PT TBS dengan PT KTBM
    03 Pimpin Rapat Evaluasi, Ansar Ingatkan OPD Tingkatkan Kinerja
    04 Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal MAN 2 CUP VI
    05 Masyarakat Danau KHS Bangga Dengan Kepemimpinan Suhardiman Amby
    06 Perjuangan Kabupaten Bengkalis Mempertahankan Teritorial NKRI dalam Menghadapi Abrasi
    07 Perjuangan Kabupaten Bengkalis Mempertahankan Teritorial NKRI dalam Menghadapi Abrasi
    08 Bupati Bengkalis Berharap Sinergisitas Dapat Ditingkatkan
    09 Wali Kota Padangsidimpuan Ajak BKMT Tingkatkan Peran Pemberdayaan Masyarakat
    10 Pemkot Pekanbaru: Serah Terima Aset 36 Ruas Jalan ke Pemprov Dilakukan Bulan Maret
    11 Pj. Walikota Letnan Buka Upacara Sanggah Tangguh Pramuka Penegak & Pandega 2024
    12 Perjuangan Pemda Bengkalis dalam Mempertahankan Jengkal Demi Jengkal Teritorial NKRI
    13 Perempuan Muda Diringkus Tim Gabungan Polres Inhu, Ini Kasusnya
    14 Hilirisasi Jadi Program Utama Guna Kurangi Angka Pengangguran
    15 Aplikasi E-berpadu Sangat Bermanfaat Bagi Keluarga Tahanan Rutan Karimun
    16 Bupati Siak Alfedri Menjadi Pemimpin Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa
    17 Sukses Terapkan Program Bangga Kencana, Pemkab Siak Dapat DAK Bidang KB
    18 Hadir HPN 2024, Kadis Kominfo Siak Sampaikan Dua Pesan Khusus Presiden Jokowi
    19 Alfedri Apresiasi Ratusan Santri di Siak, Ikut Pragaan Manasik Haji
    20 Perbaikan Jalan Utama Siak-Sungai Mandau Jadi Prioritas
    21 Bupati Kasmarni Buka Bimtek BLUD dan BOK Puskesmas 2024
    22 Hari Pers Nasional Ke-78, 34 Wartawan Dharmasraya Diberangkatkan Bersama Dinas Kominfo
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting