Jum'at, 27 Januari 2023
Follow Us ON :
 
| Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting | | Sekda Adi hadiri FGD Prosedur standar Surat Rekomendasi dan Surat Identitas Transportasi Tertentu | | Walikota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu | | Woooo Keren Pemkab PALI Berikan Bantuan Mobil Oprasional Ke Lapas Muara Enim | | Pj Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente T | | Polsek Kateman Berhasil Ungkap Pencurian, 1 Pelaku Diamankan
 
Diduga ada Kecurangan, Pilkades Sialang Jaya Tidak Ikuti Pilkades Serentak
Selasa, 29-11-2022 - 12:09:48 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Rokan Hulu - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Rohul putuskan bahwa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 8 Desember mendatang untuk Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah tahun 2022 bakal ditunda.

Panitia Pilkades Kabupaten Rohul menemukan fakta-fakta kecurangan atau ketidakjujuran dalam penetapan calon kepala Desa Sialang Jaya oleh Panitia Pilkades di desa tersebut.

"Berdasarkan fakta-fakta yang dikumpulkan dan dari keterangan baik itu Panwas Kecamatan,Panita Pilkades dan BPD ditemukan fakta ada kecurangan atau ketidakjujuran dalam proses penetapan calon kepala desa Sialang Jaya.Maka, untuk menghindari masalah lebih besar, kami Panita Pilkades Kabupaten merekomendasikan penundaan Pilkades di Desa Sialang Jaya, "kata Plt Kepala Dinas PMPD Rohul, Prasetio kepada sejumlah awak media, Senin 28 November 2022.

Prasetio mengatakan, berdasarkan aturan yang berlaku, maka Pilkades Desa Sialang Jaya kemungkinan bakal digelar pada tahun 2025 mendatang.

"Sesuai aturan, kemungkinan Pilkades di  Desa Sialang Jaya bakal digelar pada Pilkades serentak berikutnya yakni pada tahun 2025 mendatang, "katanya.

Untuk menjalankan roda pemerintahan di Desa Sialang Jaya, nanti, DPMPD Rohul setelah berakhirnya masa jabatan Kepala Desa Sialang Jaya yakni Yuherman Daulay akan menunjuk Plt Kepala Desa.

"Yuherman Daulay masih kepala desa Sialang Jaya.Jadi, setelah habis masa jabatannya selesai baru akan kita tunjuk siapa Plt Kepala Desa nya,"terangnya.

Sebelumnya, massa pendukung 2 Bakal Calon Kepala Desa (Kades) Sialang Jaya yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Desa Sialang untuk Keadilan menggeruduk Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rohul Senin(28/11/2022).

Massa menolak keputusan panitia Pilkades dalam penetapan bakal calon kepala Desa Sialang Jaya. Massa menilai keputusan panitia menggugurkan Yuherman Daulay tidak masuk akal.

Disampaikan salah satu warga, Rahmat, bahwa seharusnya panitia bersikap arif, jangan hanya kesalahan memberikan NPWP, lalu Yuherman Daulay tidak diloloskan.

Hardison juga mengalami nasib serupa, di duga tidak lolos, karena tidak adanya rekomendasi LKA, lalu Hardison tidak diloloskan sebagai bakal calon kades Sialang Jaya.

Ditempat yang sama, Yuherman Daulay menegaskan, dari 4 orang bakal calon yang mendaftar yakni Yuherman Daulai, 2.Hardison, 3. Ramlan Lubis dan Netti, hanya dua orang yang dinyatakan lolos yakni Ramlan Lubis dan Netti.

Sedangkan dirinya bersama Hardison tidak lolos, namun ketidak lolosan dirinya pada verifikasi bahan, dari 27 persyaratan yang dibacakan hanya karena kesalahan NPWP, seharusnya NPWP yang dimaksud adalah NPWP pribadi, namun yang diserahkan NPWP desa, sedangkan NPWP pribadinya sudah ada namun tidak diberi kesempatan untuk menggantinya.

Sedangkan Hardison adalah terkait dengan domisili dan rekomendasi LKA, dan ini tidak masuk akal.

Yuharman menambahkan dirinya telah menyurati BPD Desa Sialang Jaya dan Panwas Pilkades agar memanggil Panitia namun itu tidak di gubris panitia Pilkades.

Rahmad, salah satu warga berorasi menilai panitia terkesan tidak meloloskan dua orang Balon hanya karena kesalahan persyaratan yang tidak falit, diminta kepada Panitia Kabupaten agar memanggil Panitia Pilkades untuk mempertanyakan permasalahan yang terjadi.

“Masa hanya karena kesalahan memberikan NPWP, Balon Kades petahana tidak diloloskan padahal masih ada kesempatan untuk memperbaikinya,” orasinya.


Untuk itu diminta kepada Panitia Kabupaten agar menyampaikan permasalahan ini kepada Panitia agar meloloskan Balon yang tidak lolos tersebut, jika tidak diloloskan, massa meminta Pilkades Sialang Jaya ditunda.

“Kami tidak terima hasil akhir Panitia Pilkades Sialang yang hanya meloloskan dua orang Balon, bagaimanapun caranya atau Pilkades Sialang Jaya supaya ditunda,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas PMD Prasetio menyampaikan pihaknya akan memanggil Panitia Pilkades untuk membuktikan kekurangan persyaratan Bakal calon yang tidak lolos, kemudian akan di pertimbangkan kalau buktinya sudah cukup.


“Kami akan memanggil Panitia untuk membuktikan kekurangan persayaratan yang disampaikan Balon yang tidak lolos dan akan mengambil keputusan sesuai peraturan yang berlaku,” pungkasnya.(Re)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Diduga ada Kecurangan, Pilkades Sialang Jaya Tidak Ikuti Pilkades Serentak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting
    02 Sekda Adi hadiri FGD Prosedur standar Surat Rekomendasi dan Surat Identitas Transportasi Tertentu
    03 Walikota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu
    04 Woooo Keren Pemkab PALI Berikan Bantuan Mobil Oprasional Ke Lapas Muara Enim
    05 Pj Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Dente T
    06 Polsek Kateman Berhasil Ungkap Pencurian, 1 Pelaku Diamankan
    07 Personil Sat Samapta Polres Inhil Polda Riau Sasar Di Enam (6) Titik Giat Blue Light Patrol Tembilah
    08 Pemkab Muara Enim Bersama Polres Gelar Apel Gabungan Karhutla
    09 Secara Virtual Wabup Bersama Kapolres Rohul Ikuti Rakor Inspektur Se Indonesia
    10 Official Klub PS Epri Raih Juara 1 Turnamen Karang Taruna Haiti Karya Tahun 2022/2023 Desa Rambah T
    11 Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah V Hadiri Hari Jadi SMA N 1 Koto Baru Ke-37
    12 WaliKota Psp Ucapkan Selamat Datang Pada Tim Supevisi PKK Provsu
    13 Walikota Psp Irsan Efendi Nst Terima Audensi Ketua YPUB BUNAYYA
    14 Walikota Psp Irsan Efendi Nst Berharap Kader TP PKK Dapat Mendorong Pelaksanaan Pembangunan
    15 Bupati Rohil Lepas Ratusan Peserta Jalan Santai Kerukunan Sempena Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian
    16 Bupati Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    17 Polda Riau Berhasil Mengungkap Kasus Peredaran Narkotika dan Mengamankan Beberapa Barang Bukti
    18 Pipa Minyak PT.Bumi Siak Pusako (BSP) Bocor Dan Menggenangi Rumah Salah Seorang Warga
    19 Pemkab Siak Dukung Penuh Pergubri/no.56/2022 Tentang Pembangunan Rendah Karbon
    20 Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bupati Alfedri Minta Peran akif Perusahaan Atasi Banjir
    21 Pimpin Rakor Bersama Forkopimda Bupati Alfedri Minta Peran akif Perusahaan Atasi Banjir
    22 DPRD Kabupaten Muara Enim Rapat Paripurna Ke-l Pengangkatan Dan Pengesahan Plt Bupati Muara Enim
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting