| DPRD Pekanbaru Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HUT Kota Pekanbaru Ke- 240 | | Launching Mesin KISS PUMP | | Tokoh Masyarakat KKSS Karimun Gelar Khitan Massal Gratis | | Rapat Paripurna Laporan Pansus Terhadap Pembahasan LKPJ Pemerintah Kota Pekanbaru Tahun 2023 | | Paripurna Penyampaian Keputusan DPRD Tentang Rekomendasi Terhadap LKPJ Pemko Pekanbaru Tahun 2023 | | Bertemu AHY, Bupati Suhardiman Sampaikan Kompleksitas Masalah Pertanahan di Kuansing
 
Bupati Mursini Sampaikan Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi Ranperda Pertangung Jawaban APBD 2019
Sabtu, 08-08-2020 - 12:15:01 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Taluk Kuantan - Wakil Ketua ll DPRD Kuantan Singingi Juprizal Pimpin Rapat Paripurna atas jawaban pemerintah daerah  terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Ranperda Pertanggung jawaban terhadap  APBD 2019 Jumat (7/8 2020) di ruangan Rapat Paripurna yang dihadari oleh 24  Anggota Dewan Kabupaten Kuantan Singing.

Dalam arahan Wakil Ketua ll DPRD  Kabupaten Kuantan Singingi mengatakan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah pada prinsipnya mengubah sistem penyelenggara pemerintahan daerah, sehingga daerah diharapkan cepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang meningkatkan pelayanan, pemberdayaan, dan peranan masyarakat, pemerintah daerah penyelenggara urusan pemerintahan dan DPRD  menurut azas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsif ekonomi  yang seluas-luasnya dan artinya dengan sistem ada prinsip negara kesatuan RI sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 18 Ayat 5.

"Selanjutnya salah satu kewenangan kepala daerah selaku kepala pemerintah adalah pemberian kebijakan pengelola keuangan  daerah dan tidsk terlepas dari kebinakan dan sentralisasi dan otonomi Daerah  yang dilakukan dengab menekankan pada konsekwensi hubungan keuangan antara pemerintah pusat dengan penerintah daerah," ujar Juprizal.

Selain itu pemerintah daerah  harus mealokasikan belanja daerah secara adil dan  merata agar dapat dinikmato oleh seluruh masyarakat tanoa ada diskiminasi khususnya dalam pemberian pelayanan umum. Oleh karena itu untuk dapat mengendalikan tinghal tingkat evensiensial dan efektif anggaran maka dari itu dalam perencanaan anggaran perlu di perhatikan antara lain.

1. Menetapkan secara jelas tujuan dan sasaran hasil dan dapat di indikator kinerja  yang ingin dicapai.

2. Menetapkan volume kegiatan yang terpenting beban kerja, penetapan harga satuan yang regional.

3. Pertangung jawaban ieuangan di bidang akuntasi dan pelaporan dilakukab dalam rangka untuk transparansinya keuangan di pemerintahan, tutup Juprizal.

Ketika Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini, MM membacakan lembaran surat dari jawaban pemerintahan atas pandangan umum dengan fraksi-fraksi dalam Ranperda APBD 2020 tanggal 6 agustus kemarin kami berikan jawaban terhadap pandangan umum dan pendapat fraksi-fraksi DPRD yang telah yang disamoaikan oleh anggota Dewan melalui juru bicara fraksi dan perlu kami sampaikan terhadap pandangan umum yang materinya memiliki iesamaab antara pandangan umum dan pendapat fraksi-fraksi maka jawabanya kami rangkum sekaligus.

Pertama terkait dengan Intruksi kepada pejabat pengelola keuangan daerah agar menindak lanjuti rekomendasi dari hasil audit BPK RI terhadap kelemahan administrasi termasuk pertimbangan dan kajian aturan  sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dan sudah sesuai dengan sistem pengendalian Intern, sampai tanggal 7 Agustus 2020 penyelesaian tindak lanjut LHP BPK pada semester 1 tahun 2020 sudah mencapai 82,15% dan khusus tahun 2019 sudah 36 rekomendasi yang harus ditindak lanjuti oleh OPD terkait, dari 36 itu sudah ditindaklanjuti dengan status.  SSR atau sesuai rekomendasi sedangkan 30 rekomendasi sudah ditindaklanjuti tetapi belum sesuai rekomendasi.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi akan mengintensifikan koordinasi dengan BPK terkait dengan optimalisasi tindaklanjuti LHP dan di targetkan akhir tahun Agustus 2020 telah selesai.

Terkait dengan banyaknya aset Pemerintah Daerah yang tidak tercatat dalam kartu inventaris barang (KIB) akan ditindak lanjuti dengan segera mungkin melakukan penyelusuran terhadap seluruh aset Pemerintah baik barang yang bergerak maupun tidak bergerak sehingga tidak ada lagi temuan pada tahun berikutnya. 

Dan untuk langkah awal kita bentuk Tim percepatan pememnfaatan dab pengelola barang milik daerah berdasarkan SK Bupati Nomor 46/UM/2020 tanggal 3 Agustus 2020.

Selanjutnya terkait dengan program bantuan bibit sawit di Dinas Pertanian pada tahun 2019 yang menjadi temuan BPK RI bahwa pemerintah melalui Dinas yang terkait memastikan bahwa menindaklanjuti dan memastikan bahwa bantuan bibit yang tidak  atau belum ditanam oleh petani akan dilakukan penarikan dan dialihkan kepada masyarakat atau anggota kelompok yang berhak menerima bantuan dan memenuhi syarat sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan. 

"Ke depannya akan lebih meningkatkan  ketelitian dalam melakukan verifikasi data dan informasi dokumen kepemilikan lahan sebagai anggota kelompok tani penerima bantuan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan," harap Mursini.

Terakhir temuan atas jasa pelayanan di RSUD anggaran tahun 2018 dapat kami jelaskan bahwa rekomensasi BPK atau kelebihan pembayaran jasa pelayanan sebesar  Rp 2.334.999.836.00 dipertanggung jawabkan tidak dengan cara menyetorkan ke kas daerah tetapi dengan cara memperhitungkan kelebihan pembayaran jasa pelayanan dengan melakukan kompensasi, perlu kita ketahui bersama kesalahan atas temuan BPK tersebut pada posisi penggangaran dimana penggangaran terhadap jasa pelayanan harus diverifikasi oleh TAPD dan besarannya harus berdasarkan peraturan Bupati dan tidak dianggarkan di APBD tetapi di BLUD, jelas Mursini. (Neneng)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Mursini Sampaikan Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi Ranperda Pertangung Jawaban APBD 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 DPRD Pekanbaru Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HUT Kota Pekanbaru Ke- 240
    02 Launching Mesin KISS PUMP
    03 Tokoh Masyarakat KKSS Karimun Gelar Khitan Massal Gratis
    04 Bertemu AHY, Bupati Suhardiman Sampaikan Kompleksitas Masalah Pertanahan di Kuansing
    05 Polres Siak Menunjukkan Keseriusannya Dalam Memberangus Narkoba Sampai Ketingkat Polsek
    06 Ananda Laila Putri Sebut : Ikan Patin Bisa Jadi Menu Kuliner Khas Siak
    07 Lomba Mancing FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak
    08 Pj Wali Kota Padangsidimpuan Disambut dengan Acara Adat Angkola
    09 Anggota DPRD Rohil Menghadiri Malam Kesenian Festival Bakar Tongkang 2024
    10 Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi Menghadiri Peresmian Festival Ekonomi Kreatif
    11 Bupati Tapsel Serahkan ZIS Secara Serentak ke Seluruh Kecamatan se-Tapsel
    12 Kesal Dengan Sikap Pj Kades, Masyarakat Teluk Pauh Geruduk Kantor Camat Pangean
    13 Bupati Tapsel Serahkan ZIS Secara Serentak ke Seluruh Kecamatan se-Tapsel
    14 Peringati 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Di Riau Hadirkan 2000 Instalasi Tengkorak dan 1000 Nisan
    15 Ada Gangguan di Server PDN Pusat, Imigrasi Karimun Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor
    16 Ada Gangguan di Server PDN Pusat, Imigrasi Karimun Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor
    17 Polres Siak Lakukan Anjangsana Sempena Menyambut Hari Bhayangkara Ke 78
    18 Polsek Kandis Berhasil mengungkap Pencuri Hp Dirumah Warga
    19 Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad ke-6 Ponpes Nurul Furqon
    20 Beri Materi Tata Kelola Pemerintah Baik dan Bersih, Kajati Riau Beri Arahan ASN Siak
    21 Festival Sungai Siak : Daya Tarik Wisata dan Ingat Sejarah dalam Lestarikan Peradaban
    22 Realisasi DD tahun 2023 Diduga Mark Up Kades Marisi Bisu Dikonfirmasi
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting