Jum'at, 06 08 2021
Follow Us ON :
 
| Pj. Bupati Muara Enim Kunjungi PT RMK | | Pemkab Inhil Gelar Penandatangan perjanjian Kerjasama Antar OPD | | Wakil Bupati Natuna Laksanakan Gotong-Royong Massal, Kali ini Bersihkan Area Pelabuhan | | Besok, Sidang Tuntutan JPU Kejari Kuansing, Kasus Korupsi Ruang Pertemuan Hotel Kuansing | | Tinjau Vaksinasi Merdeka Candi, Kapolri: Momentum HUT RI jadi Upaya Percepat Vaksinasi | | Alhamdulillah Perekonomian Riau Tumbuh 5,13 Persen pada Triwulan ke II Tahun 2021
 
Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Kabupaten Sergai Disetujui DPRD
Rabu, 23-06-2021 - 09:00:47 WIB

TERKAIT:
 
  • Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Kabupaten Sergai Disetujui DPRD
  •  

    Kupaskasus.com, Sei Rampah - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Sergai, Sei Rampah, Selasa (22/06/2021).

    Rapat paripurna ini sendiri berlangsung dengan agenda laporan hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD serta pengambilan keputusan terhadap Ranperda Harga Eceran Tertinggi Gabah dan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020.

    Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 2019  tentang Pengelolaan Keuangan Daerah bahwa Kepala Daerah Wajib menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah  tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD pada DPRD paling lambat 6 (enam) bulan setalah tahun anggaran berakhir yang selanjutnya diselenggarakan pembahasan dan persetujuan penetapan.

    “Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2020 yang disetujui bersama DPRD merupakan kewajiban Kepala Daerah sebagaimana yang diamanatkan juga dalam UU Keuangan Negara untuk melengkapi pranata hukum dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dokumen tersebut merupakan salah satu wujud implementasi tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Sergai,” tutur Bupati.

    Bupati melanjutkan, berdasarkan hasil diskusi dan pembahasan yang telah dilaksanakan bersama Banggar DPRD Kabupaten Sergai diperoleh beberapa informasi, catatan, kritik dan saran yang membangun serta rekomendasi yang perlu dan akan segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan demi penyempurnaan kinerja pelayanan publik dan pembangunan di Kabupaten Sergai.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada dewan yang terhormat atas persetujuan yang telah diberikan terhadap Ranperda Kabupaten Sergai tentang Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 untuk segera dapat ditetapkan menjadi Peraturan Derah. Kami juga menyampaikan apresiasi Kepada Ketua, para Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD atas kerja sama dan sinergitas yang telah terjalin baik selama ini,” sebut Bang Wiwiek.

    Tak lupa, Bupati juga mengucapkan apresiasi terhadap tim gabungan komisi DPRD Kabupaten Sergai yang telah menyeleggarakan pembahasan terhadap Ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Sergai tentang Harga Tertinggi Eceran Gabah.

    “Semoga Ranperda ini dapat memberikan hasil yang maksimal demi kebaikan bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran petani di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” tuturnya.

    Sebelumnya, Juru Bicara Gabungan Komisi DPRD Sergai, Mangudut Hasugian, di kesempatan yang sama dalam laporannya menyebutkan sebagaimana data Dinas Pertanian Sergai, Kabupaten Sergai sebagai salah satu daerah penghasil beras di Sumut memiliki lahan sawah seluas 31.248 Ha, yang tersebar di 17 Kecamatan dengan produksi 93.000 ton/tahun.

    “Sehingga untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya, perlu ditetapkan kebijakan ketahanan pangan daerah dengan menyelaraskan dengan kebijakan ketahanan pangan nasional terutama harga dasar pangan yang adil bagi petani. Di tengah kenaikan harga pangan dan untuk memberikan harga yang adil diperlukan kebijakan khusus harga gabah yang menjadi bahan dasar pangan utama masyarakat,” sebutnya.

    Ia merinci dalam Ranperda ini, harga eceran tertinggi gabah kering dengan kadar air paling tinggi 25% dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 10% dihargai Rp 4.500/kg, sedangkan gabah kering giling dengan kadar air paling tinggi 14% dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 3% ditetapkan harganya 6.500/kg. 

    Hasil Pembahasan Gabungan Komisi perihal Ranperda Harga Eceran Tertinggi Gabah ini kemudian disepakati oleh forum untuk dilanjutkan kembali.

    Dalam rapat paripurna ini, ikut hadir Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM, para Wakil Ketua DPRD Sergai, para Anggota DPRD Sergai, Asiten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, SSos, MSi, Asisten Administrasi Umum Irwani Jamilah, SH, para Kepala dan perwakilan OPD yang hadir secara langsung maupun menyaksikan secara virtual.(Darma)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Kabupaten Sergai Disetujui DPRD
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pj. Bupati Muara Enim Kunjungi PT RMK
    02 Pemkab Inhil Gelar Penandatangan perjanjian Kerjasama Antar OPD
    03 Wakil Bupati Natuna Laksanakan Gotong-Royong Massal, Kali ini Bersihkan Area Pelabuhan
    04 Besok, Sidang Tuntutan JPU Kejari Kuansing, Kasus Korupsi Ruang Pertemuan Hotel Kuansing
    05 Tinjau Vaksinasi Merdeka Candi, Kapolri: Momentum HUT RI jadi Upaya Percepat Vaksinasi
    06 Alhamdulillah Perekonomian Riau Tumbuh 5,13 Persen pada Triwulan ke II Tahun 2021
    07 Polres Demak Gelar Vaksinasi Merdeka Candi, Targetkan 4000 Dosis Perhari
    08 Tinjau Vaksinasi Merdeka Candi, Panglima TNI Target 1 Juta Per Hari
    09 Dinilai Tetap Bugar Meski di Tengah Pandemi, Ini Rahasia Gubri H Syamsuar
    10 Kuasa Hukum Berang, Polsek Tampan Sebut Bukti Berkas Kepemilikan Klien Dianggap Sampah?
    11 Dua Pegawai Ilok Nian Dapat Penghargaab dari Kalapas Muara Enim
    12 Rahma Bersama Asosiasi Perbankan Serahkan Bantuan kepada Pedagang Kaki Lima Bintan Center
    13 Percuma Kita Memiliki Anggaran, Ansar Ahmad Minta Rencana Kerja OPD Tahun 2022 Harus Tepat Sasaran
    14 Wabup Mohon Presiden Intruksikan Menteri LHK Lindungin Hutan Lindung dari Ilegal Loging
    15 Wabup Husni, "Ini bukan akhir, teruslah belajar dan berusaha".
    16 Pemkab Inhil Gelar Rakoor SMPEI atau Manajemen Pengelolaan Ekosistem Gambut berkelanjutan
    17 Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) Bupati Siak Alfedri Berharap ISORI Mem
    18 Pangdam IV/Diponegoro : Pilih Calon Prajurit yang terbaik untuk Kemajuan Angkatan Darat
    19 Dinas PUPR Kota Pekanbaru Normalisasi Sungai Sibam
    20 Hadiri Pelantikan ISEI Komisariat UIN Suska Riau, Gubernur H Syamsuar Ajak Ciptakan Usaha Kreatif
    21 Penyegaran Anggota Polri, Ini Daftar Mutasi Pejabat Polres Demak
    22 Kalapas Muara Enim Herdianto Luncurkan Internalisasikan Core Values ASN Berahlak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting