Minggu, 24 Oktober 2021
Follow Us ON :
 
| Santri Tani laksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional di Pusdiklat DPP Santri Tani Agrowisa | | Polres Kuansing melaksanakan Patroli Gabungan dalam rangka Pencegahan Penambangan Emas Tanpa Izin | | Pimpin Apel Pasukan Sambut Wisman di Bali Kapolri: Sebagai Gerbang Terakhir Tolong Disiplin | | Sat Narkoba Polres Siak Tangkap 1 Orang Pengerar Narkotika Jenis Ssabu di Kecamatan Tualang Kecamata | | Jum’at Barokah Dit Reskrimum Polda Riau Bagikan 500 Nasi Bungkus Untuk Sampaikan Pesan Kamtibmas | | Polres Karimun Polda Kepri Kembali Melaksakan Giat Bakti Sosial
 
Wakil Bupati Asahan Sampaikan Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi
Kamis, 23-09-2021 - 12:34:41 WIB

TERKAIT:
 
  • Wakil Bupati Asahan Sampaikan Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi
  •  

    Kupaskasus.com, Asahan - Ketua DPRD Kabupaten Asahan Baharuddin Harahap, SH MH, membuka Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Asahan dengan Agenda Mendengarkan Jawaban Bupati Asahan atas Pandangan Umum Fraksi Fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Asahan, Rabu (22/09/2021).

    Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, SSos Msi, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Asahan, Forkompinda dan OPD terkait.

    Sebelum menyampaikan Jawaban Bupati Asahan atas Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Asahan Tahun 2021, Wakil Bupati Asahan menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Fraksi Fraksi DPRD Kabupaten Asahan yang secara umum telah memberikan dukungan dan masukan terhadap Nota Keuangan dan Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 yang disampaikan pada tanggal 20 September 2021, dukungan dan masukan ini secara langsung memberikan energi positif bagi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

    Wabup menyampaikan jawaban ini terkait perubahan target pendapatan daerah, penanganan dan peningkatan mutu bidang kesehatan, pembangunan infrastruktur, pengembangan kehidupan beragama, dan pemanfaatan sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu pada pos pembiayaan.

    Dari segi pendapatan daerah, menanggapi pemandangan umum yang disampaikan fraksi Partai Golkar dan fraksi PAN terkait dengan penurunan target pendapatan yang bersumber dari dana perimbangan dan hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan, maka pada tahun ini merupakan tahun kedua di mana pemerintah pusat melakukan kebijakan refocussing alokasi dana perimbangan khususnya dana alokasi umum.

    Melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor. 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendukung Penanganan Pandemi Covid-19 dan dampaknya, Pemerintah Pusat melakukan perubahan alokasi, penggunaan dan penyaluran Dana Perimbangan. Alokasi DAU Kabupaten Asahan yang semula ditetapkan sebesar Rp 845.782.109.000,- mengalami pengurangan sebesar Rp 27.088.162.000,- Pengurangan DAU ini tentu berakibat kepada perubahan rencana belanja yang telah ditetapkan.

    Dari segi penanganan dan peningkatan mutu bidang kesehatan, menanggapi pemandangan umum dari Fraksi PAN dan fraksi partai demokrat terkait dengan upaya penanganan dan peningkatan mutu kesehatan, maka berbagai kebijakan dilakukan untuk penanganan Pandemi ini.

    Melalui Inmendagri No 44 Tahun 2021 tanggal 20 September 2021, bahwa Kabupaten Asahan sudah mengalami penurunan level dalam perkembangan Covid-19, yang semula berada pada level 3, saat ini berada pada level 2.

    “Alhamdulillah, berkat kerja keras seluruh Instansi terkait kita bisa terus menekan perkembangan Covid-19 ini. Untuk meningkatkan dan mempercepat pelayanan kesehatan, pada saat ini seluruh Puskesmas di Kabupaten Asahan telah memiliki Puskesmas keliling dan 10 Puskesmas memiliki ambulance. Melalui Silpa dana insentif daerah Tahun 2020 yang dialokasikan pada perubahan APBD ini, direncanakan pengadaan 10 unit mobil ambulance lagi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di Puskesmas,” tegasnya.

    Dari segi pembangunan infrastruktur, menanggapi pemandangan umum dari fraksi demokrat, fraksi PAN dan fraksi nurani keadilan, kami akan melakukan prioritas dalam penentuan pembangunan infrastruktur sesuai dengan hasil Penjaringan dalam Musrenbang, walaupun dengan kondisi keuangan yang terbatas. Kami akan berusaha meningkatkan pembangunan infrastruktur sebesar 60%, untuk itu kami meminta dukungan dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Asahan untuk bisa mengalokasikannya pada APBD Tahun 2022 mendatang.

    Dari segi pengembangan kehidupan beragama, menanggapi pemandangan umum dari fraksi nurani keadilan tentang pengembangan kehidupan beragama, melalui visi pemerintah Kabupaten Asahan, mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang Religius dan Berkarakter, kami berupaya meningkatkan Pemahaman dan penerapan nilai nilai keagamaan dalam segala aspek kehidupan masyarakat yang demokratis, rukun dan gotong-royong.

    Yang terakhir dari segi pemanfaatan sisa lebih perhitungan anggaran(SilPA) yang dialokasikan pada pos pembiayaan, menanggapi pemandangan umum dari fraksi partai demokrat, fraksi partai Gerindra, fraksi partai persatuan pembangunan tentang perubahan alokasi penerimaan pembiayaan, sesuai dengan hasil audit BPK-RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun 2020 yang telah kita sepakati dalam peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, maka Silpa Tahun 2020 sebesar Rp 41.926.162.054,20,- Dan dialokasikan pada pos penerimaan pembiayaan. Silpa ini terdiri dari sisa dana insentif daerah tahun 2020, sisa dana jaminan kesehatan nasional tahun 2020, sisa dana bos tahun 2020, dan sisa dana BLUD RSUD Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran Tahun 2020. (Ril/Arif)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Wakil Bupati Asahan Sampaikan Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Santri Tani laksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional di Pusdiklat DPP Santri Tani Agrowisa
    02 Polres Kuansing melaksanakan Patroli Gabungan dalam rangka Pencegahan Penambangan Emas Tanpa Izin
    03 Pimpin Apel Pasukan Sambut Wisman di Bali Kapolri: Sebagai Gerbang Terakhir Tolong Disiplin
    04 Sat Narkoba Polres Siak Tangkap 1 Orang Pengerar Narkotika Jenis Ssabu di Kecamatan Tualang Kecamata
    05 Jum’at Barokah Dit Reskrimum Polda Riau Bagikan 500 Nasi Bungkus Untuk Sampaikan Pesan Kamtibmas
    06 Polres Karimun Polda Kepri Kembali Melaksakan Giat Bakti Sosial
    07 Bobol Ratusan Juta, WNA Turki Diduga Dalangi Aksi Skimming ATM di Jateng
    08 Pantai Beting dan Hutan Mangrov Tanjung Layang Potensi Wisata Bahari Yang Tersembunyi
    09 Peringati Hari Santri Nasional ke-4 di Ponpes Hidayatul Salafiyah Polda Riau Gelar Vaksinasi Serenta
    10 Jum’at Barokah Dit Reskrimum Polda Riau Bagikan 500 Nasi Bungkus
    11 Polres Kuansing Cek kegiatan Alat Berat di Wilayah Kecamatan Pangean yang Diberitakan Berkaitan deng
    12 Hadiman; Kamis Pekan Depan Mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Kuansing Menjalani Sidang Perdana
    13 Memperingati Hari Santri Nasional ke 4 Tim Vaksinator Urkes Polres Kuansing gelar Vaksin di MAN 1 Ku
    14 Kejari Kuansing Hadiman ”Bila ada yang Jual Beli Jabatan Saya Sikat Habis”
    15 Lagi Polsek Kuantan Hilir Melakukan Razia PETI di Desa Kasang Limau Sundai
    16 Lantik Muhammad Zaki Pj Sekda Rohul H Sukiman : Semoga Mampu Mengemban Amanah Penuh Rasa Tanggung Ja
    17 Peringati Hari Santri Nasional ke-4 di Ponpes Hidayatul Salafiyah Polda Riau Gelar Vaksinasi Serenta
    18 Kehadiran Satpolairud Polres Karimun dapat Langsung Dirasakan Masyarakat Kabupaten Karimun
    19 Usai Khutbah Jumat Wabup Siak Husni Mirza Serahkan IMB Masjid Alfurqon Kwalian
    20 Kapolda Riau Peringati Hari Santri 2021 di Kampar Dengan Vaksinasi
    21 Sat Lantas Polres Kendal Laksanakan Patroli Antisipasi Balap Liar
    22 Lapas Muara Enim Memperingati Maulid Nabi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting