Rabu, 01 Desember 2021
Follow Us ON :
 
| Pekanbaru : Perihal Viralnya Videonya dan Surat dari LPM ini Buktinya Kekuatan Asun Dipekanbaru | | Lapas Muara Enim Dukung Kabupaten Muara Enim Menjadi Kabupaten Layak Anak | | LP-KPK Meminta LPM Supaya Tidak Rakus Dalam Mengelola Pasar Agus Salim | | Kampung Adat Sentajo Raih Juara ll Pada Anugerah Pesona Indonesia (Api) 2021 | | Hadiman Optimis Kasus yang Sedang Ditangani Akan Selesai Sebelum Akhir Tahun 2021 | | Hadiri Festival Pantun Nasional, Gubri H Syamsuar Sampaikan Pesan dengan Pantun
 
Bupati Siak Jadi Pembicara Pada Forum SKK Migas - KKKS Wilayah Sumbagut
Kamis, 25-11-2021 - 13:10:21 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Siak Jadi Pembicara Pada Forum SKK Migas - KKKS Wilayah Sumbagut
  •  

    SiagaOnline.com, Batam - Satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus mendorong peningkatan peran industri penunjang jasa dan barang dalam negeri pada seluruh pelaksanaan industri hulu migas demi terciptanya efek berganda atau multiplier effect bagi perekonomian nasional dan daerah, Kamis (25/11/2021).

    Untuk itu, SKK Migas-KKKS Perwakilan Sumbagut gelar kegiatan Northern Sumatera Forum yang sudah di buka tanggal 23-25 November 2021, yang berlangsung di Hotel Best Western Premier Panbil, Kota Batam.

    Kegiatan ini juga dikakukan bertujuan untuk membangun komunikasi dan koordinasi serta meningkatkan sinergi hubungan antara SKK Migas - KKKS dengan pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah, sehingga terbangun kesepahaman bersama terhadap beberapa peraturan dan kebijakan pemerintah serta pelaksanaan kegiatan di sektor industri hulu migas, khususnya di wilayah regional Sumatra Bagian Utara.

    Bupati Siak Alfedri saat menjadi pembicara pada forum Northern Sumatera Forum, paparanya bertema "Efek berganda Industri Hulu Migas bagi perkembangan Daerah". Ia memaparkan Kontribusi Usaha Hulu Migas PT. SP sebagai perusahan daerah terhadap pembanggunan di Kabupaten Siak.

    "Hari ini saya di percaya oleh SKK Migas sebagai pembicara pada forum SKK Migas KKKS Wilayah Sumatera Bagian Tengah. Tema yang saya sampaikan seputar kontribusi usaha Industri Hulu Migas terhadap pembanggunan daerah. Berbicara tentang dampak industri migas ini, sangat banyak di rasakan oleh daerah, pertama dari dana bagi hasil, kemudian dari CSR, khusus Siak ada BUMD yang mengelola hulu migas, yaitu PT. Bumi Siak Pusako yang dan Siak yang memiliki saham mayoritas, tentu ada Deviden dan juga pengembangan wilayah baru," ujarnya.

    Kontribusi dari sektor Pertambangan dan Energi terhadap PDRD kabupaten Siak untuk Tahun 2020 berjumlah 23,44 persen. Angka ini turun dari tahun sebelumnya, ini disebapkan harga minyak turun di Tahun 2020.

    Bagaimana sesitifitas dari perkembangan industri migas terkait Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dengan pertumbuhan ekonomi di daerah. Di saat kontribusi migas turun 2020 pertumbuhan ekonomi juga mengalami penurunan.

    "Disamping itu juga di pegaruhi pendemi Covid-19, di lihat dari sisi pendapatan kontribusi dari usaha hulu migas. Terakhir Tahun 2020, 328,697 atau 15,67 perses dari APBD. Pengharus sektor migas terhadap pendapatan daerah kabupaten Siak. Dilihat dari deviden digunakan untuk belanja modal,  seperti Inprastruktur, jalan, kesehatan, pendidikan termasuk fasilitas lain," terangnya.

    Sementara pemanfaatan dana CSR PT BSP dari tahun 2002 sampai dengan 2020 berjumlah Rp 78.14 Milyar. Sementara PPM BOB dari Tahun 2002 sampai dengan 2020 totalnya berjumlah 37,19 Milyar.

    "Sejak Tahun 2002-2020 PT BSP telah menyumbangkan keuntunganya kepada pemegang saham sebagai pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 3,16 Trilyun. Untuk CSR di Siak di kelola melalui forum CSR yang sudah memiliki Peraturan Daerah. Sehingga bisa disesuaikan dengan program pemerintah daerah dengan CSR dari Perusahan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih," paparnya.

    Akhir dari paparanya, ia menyimpulkan usaha industri hulu migas tidak hanya mengerak ekonomi secara nasional namun juga ekonomi daerah, baik itu di bidang perekonomian, pendapatan, pembangguan daerah tenaga kerja dan jasa lain. Namun memiliki multiplier effect (efek berganda) atau memiliki manfaat tidak langsung.

    Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pencapaian target industri hulu migas yaitu 1 Juta BOPD dan 12 BSCFD Gas di Tahun 2030 yang sejalan dengan rencana strategis industri Hulu Minyak dan Gas Bumi tahun 2020-2030, SKK Migas-KKKS Perwakilan Sumbagut.

    Forum itu juga membahas berbagai topik regulasi dan kebijakan sektor hulu migas terkini, khususnya dalam aspek Perizinan, Pertanahan, Komunikasi dan Media serta Tanggung Jawab Sosial atau Pengembangan Masyarakat.(r/sh.s)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Siak Jadi Pembicara Pada Forum SKK Migas - KKKS Wilayah Sumbagut
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pekanbaru : Perihal Viralnya Videonya dan Surat dari LPM ini Buktinya Kekuatan Asun Dipekanbaru
    02 Lapas Muara Enim Dukung Kabupaten Muara Enim Menjadi Kabupaten Layak Anak
    03 LP-KPK Meminta LPM Supaya Tidak Rakus Dalam Mengelola Pasar Agus Salim
    04 Kampung Adat Sentajo Raih Juara ll Pada Anugerah Pesona Indonesia (Api) 2021
    05 Hadiman Optimis Kasus yang Sedang Ditangani Akan Selesai Sebelum Akhir Tahun 2021
    06 Hadiri Festival Pantun Nasional, Gubri H Syamsuar Sampaikan Pesan dengan Pantun
    07 Provinsi Riau Terima Hibah Mobil Lab PCR dari Kemendagri
    08 Sosialisasi Badan Kehumasan (Keputusan KPU 542 Tahun 2021) oleh KPU Kuansing
    09 Kalapas Herdianto Bersama Satops Patnal Sidak Kelengkapan Atribut Seragam Petugas Lapas Muara Enim
    10 Rakor DPW Sumut Bersama DPD se-Tabagsel Partai Ummat Berlangsung Sukses
    11 Paripurna DPRD Kuansing dalam Rancangan Perda APBD Tahun 2022
    12 Serahkan DIPA dan TKDD 2022, Presiden Jokowi Paparkan 6 Kebijakan Utama
    13 Kejari Kuansing Hadiman Pimpin Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan
    14 Kadispora Riau Naik Peringkat Dalam Ajang Penghargaan KI Riau 2021
    15 Kapolda Riau Terima Penghargaan Komisi Informasi (KI) Award Riau 2021
    16 79 Siswa dan Mahasiswa Kuansing Terima Beasiswa Pendidikan dari PT RAPP
    17 Terkait MUBES IPMAKUSI Sekum HPMKM Minta Semua Unsur Yang Terlibat Turunkan Ego
    18 Kegiatan Penempelan Stiker Imbauan dan Sosialisasi Kamtibmas di Karimun
    19 Pejabat Struktural Lapas Muara Enim Notabene Merupakan Role Model dan Agen Of Change
    20 QRIS Bank Riau Kepri Mempercepat Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Riau
    21 Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-50 Gubernur Ansar Ajak Pegawai Lebih Profesional
    22 Kalapas Muara Enim Herdianto Ikuti Peringatan HUT Korpri Ke-50 Secara Virtual
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting