Selasa, 18 Januari 2022
Follow Us ON :
 
| Sepekan Terakhir Karhutla Kembali Marak di Bintan Ini Pesan Roby | | Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia Muara Enim Mintak Kapolres Usut Tuntas Kekerasan Wartawan | | Korem 045/Gaya Kepulauan Bangka Belitung Gelar Vaksinasi Anak Ceria | | Team Nakes Koril 414-04/Koba Melaksanakan Vaksin Yang Ceria | | Danrem 045/Gaya Kep Babel Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Kep.Babel | | Dinilai Konsisten Mendukung Gerakan Zakat, Gubernur Syamsuar Terima BAZNAS Award
 
QRIS Bank Riau Kepri Mempercepat Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Riau
Senin, 29-11-2021 - 16:33:32 WIB

TERKAIT:
 
  • QRIS Bank Riau Kepri Mempercepat Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Riau
  •  

    Kupaskasus.com, Tanjungpinang (Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi meluncurkan QRIS Bank Riau Kepri sebagai alat pembayaran digital di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Senin (29/11). Peluncuran QRIS Bank Riau Kepri ini menjadi penanda dimulainya era baru digitalisasi transaksi elektronik di Provinsi Kepri.

    Gubernur mengatakan perkembangan teknologi saat ini telah merubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih terdigitalisasi. Pola kehidupan bermasyarakat yang semakin cepat, mudah, dan efisien menjadikan pemerintah dan BUMD harus mampu menghadirkan jawaban atas kebutuhan masyarakat.

    "Dalam hal ini pelayanan baru yang ditawarkan oleh Bank Riau Kepri kepada nasabah dan masyarakat melalui QRIS akan membuat kemudahan masyarakat dalam transaksi non-tunai sudah terwujud nyata," ucap Gubernur.

    Gubernur menuturkan QRIS Bank Riau Kepri akan membuat sektor UMKM di Kepri mampu memperluas pemasaran produk sekaligus menjangkau kalangan masyarakat milenial yang semakin melek teknologi.

    Selain itu, terdapat tiga manfaat dengan adanya percepatan dan perluasan digitalisasi. Pertama adalah memperkuat efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan. Selanjutnya meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital.

    "Perlu kita sadari bahwa proses digitalisasi bukan hanya sekedar memenuhi amanat dari peraturan yang berlaku, namun hal tersebut juga menjadi komitmen pemerintah daerah untuk mengelola sumber dan penggunaan dana secara efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan akuntabel" tambah Gubernur.

    Untuk diketahui, QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesian Standard yang merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran non tunai di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah dan mempercepat digitalisasi keuangan.

    Hak yang serupa dikatakan Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari, selain untuk pembayaran non tunai, QRIS Bank Riau Kepri juga dapat digunakan masyarakat untuk pembayaran pajak dan juga retribusi daerah lainnya.

    "Dengan begitu, QRIS Bank Riau Kepri ini dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan inklusi ekonomi yang sedang digencarkan oleh pemerintah," ujarnya.

    Andi menambahkan merchant yang menggunakan QRIS Bank Riau Kepri saat ini sudah berjumlah 933 merchant. Dengan total user sebesar 5.644 user dan jumlah transaksi mencapai 16.991 transaksi. Dari 933 merchant, 533 diantaranya merupakan merchant UMKM.

    "Selain itu, perluasan digitalisasi melalui QRIS ini juga mendukung pengembangan startup yang sedang digandrungi oleh anak muda," ucapnya.

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Musni Hardi Kusuma Atmaja, mengatakan perluasan digitalisasi sudah diamanatkan melalui Keppres yang dikeluarkan pada Maret 2021 lalu untuk memperkuat percepatan dan perluasan digitalisasi daerah. Saat ini Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) di Provinsi Kepri sudah mencapai 62 persen.

    "Strategi akselerasi ETPD dapat dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi, mendorong SP2D online, mendorong Bank RKUD, dan juga meningkatkan infrastruktur IT," ujar Musni.

    Pada kesempatan itu juga diberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Ansar dari Bank Riau Kepri sebagai Pembina BUMD Terbaik. Dan juga penandatanganan kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang tentang Pengelolaan Perbankan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK/SLB di Provinsi Kepri.

    Turut hadir dalam peluncuran tersebut Komisaris Utama Bank Riau Kepri Syahrial Abdi, Kepala OJK Provinsi Kepri Rony Ukurya Barus, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb. A. Donie. P, Kepala Keuangan Kogabwilhan I Kolonel Laut (S) Hery M. Nur Isa , Kepala Bidang Keuangan Polda Kepri , Asintel Kejati Kepri Lambok Marisi Jakobus Sidabutar, dan sejumlah pejabat instansi vertikal Provinsi Kepri. (Yani)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • QRIS Bank Riau Kepri Mempercepat Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sepekan Terakhir Karhutla Kembali Marak di Bintan Ini Pesan Roby
    02 Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia Muara Enim Mintak Kapolres Usut Tuntas Kekerasan Wartawan
    03 Korem 045/Gaya Kepulauan Bangka Belitung Gelar Vaksinasi Anak Ceria
    04 Team Nakes Koril 414-04/Koba Melaksanakan Vaksin Yang Ceria
    05 Danrem 045/Gaya Kep Babel Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Kep.Babel
    06 Dinilai Konsisten Mendukung Gerakan Zakat, Gubernur Syamsuar Terima BAZNAS Award
    07 Gabungan Brimob Dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi, Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker
    08 Tinjau Pelabuhan Benoa Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    09 Polda Sumsel dan Polres Muara Enim Kunjungi Kampung Kemayoran
    10 Serahkan DPA 2022 Kepada OPD Gubernur Ansar Ingatkan Percepat Penyerapan Anggaran
    11 Korem 045/Gaya Gelar Upacara Bendera Bulanan
    12 2 Oknum Brigadir Polri Anggota Polres PangkalPinang di Pecat Secara Tidak Hormat
    13 Pimpin Apel Pagi Kapolres Bangka Barat Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK
    14 Kapolres Bangka Barat Memberi Reward Kepada Anggota yang Berhasil Mengsukseskan Vaksinasi
    15 PLT Bupati Suhardiman Amby Pimpinan Upacara Apel Perdana 17 Hari Bulan di lingkungan Pemerintahan
    16 Dua Pelaku Penjamretan di Padangsidimpuan Meninggal Dunia
    17 Bhakti Sosial Vihara Dharma Shanti Sentuh Semua Lapisan Roby Sebut Ini Cermin Kebhinekaan
    18 Sat Lantas Polres Bangka Barat melaksanakan Patroli Rutin Guna Menurunkan Tingkat Pelanggaran Lalu L
    19 Tinjau Pelabuhan Benoa Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    20 Gabungan Brimob dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker
    21 Hadir di Pelantikan Ketua RT dan RW ke Kecamatan Minas ini Pesa Alfedri
    22 Aktivis Larshen Yunus Temui Tokoh Masyarakat Riau Fajar MS:Beliau ini Murni Berjuang Melawan Korupsi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting