Rabu, 30 November 2022
Follow Us ON :
 
| Plt Bupati Kuansing Pelatihan Para Pemangku Adat ,Pemerintah Komit Sejahterakan Pemangku Adat | | Bantuan Kemanusiaan Polda Riau untuk Korban Gempa Cianjur Tiba di Jakarta | | Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Hadiri HAKORDIA Tahun 2022 | | Polres Muara Enim Berhasil Ungkap Tersangka Kasus Korupsi 15 Miliar Lebih | | Kondisi Lapas Teluk Kuantan Memprihatinkan Pemkab Kuansing Akan Hibahkan Lahan untuk Gedung Baru | | Tingkatkan Kemampuan Petani dan Penyuluh Kabupaten Kampar Berguru Ke Kuansing
 
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Dari Presiden Joko Wi
Kamis, 07-07-2022 - 11:22:00 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Dharmasraya (Sumbar) - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Bahkan menjadi satu satunya perwakilan Sumatera Barat sebagai penerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Joko Widodo.

Penerimaan tanda kehormataan tersebut diselengarakan pada pucak Peringatan Hari Keluarga Nasional atau Harganas ke-29 di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022).

Sutan Riska Tuanku Kerajaan menerima tanda kehormatan SWK berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 42/TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 9 Juni 2022.

Bupati Dharmasraya menerima penghargaan tersebut karena telah berperan aktif menyukseskan Program Bangga Kencana melalui perencanaan Kampung KB secara sinergis dan terintegrasi. Mendukung Program Lansia berupa Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato Beringin Sakti (GL Pro Sasabesa), serta dapat menekan angka stunting, sehingga tercipta SDM berkualitas, keluarga mandiri, tangguh, sehat dan berdaya guna di Dharmasraya.

Sutan Riska mengatakan, selalu mendukung program pemerintah pusat, termasuk upaya menekan angka kelahiran dan penurunan angka stunting, melalui kebijakan dan anggaran.

Kata dia, Pemkab Dharmasraya melalui alokasi dana desa telah mengalokasikan dana khusus untuk menekan angka stunting sejak 2018. Kebijakan anggaran tersebut, dalam rangka pendataan stunting, penyediaan gizi bagi bayi pada seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK), serta insentif bagi kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia.

“Dengan kebijakan serta alokasi anggaran tersebut, angka stunting kita dapat ditekan. Jika angka stunting nasional 24,4 persen, provinsi 23,3 persen, kita sudah berada di angka 19,5 persen. Kedepan sesuai harapan pak Presiden kita akan usahakan mencapai angka 14 persen” ujarnya.

Selain Bupati Dharmasraya, ada 12 orang lainnya yang juga menerima tanda penghormatan dari Presiden Indonesia, di antaranya adalah Bupati Tulang Bawang Lampung Umar Ahmad, Bupati Lampung Barat Lampung H. Parosil Mabsus, Bupati Pesawaran Lampung Dendi Ramadhona, Bupati Konawe Utara Sulawesi Tenggara Ruksamin.

Kemudian, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan Heri Amalindo, Walikota Lubuk Linggau Sumatera Selatan Prana Putra Sohe, Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Barat Andi Ruskati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Yunita Siregar, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara Andi Nirwana S, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Dungai Selatan Kalimantan Selatan Isnaniah, Ketua Tim PKBRS RSUD Madiun Jawa Timur Muhammad Nur dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Jawa Tengah Krisseptiana.

Dalam sambutan Presiden Jokowi mengatakan, angka stunting dari tahun ke tahun mengalami perubahan sesuai harapan dan keinginan. Pada 2013 angka stunting mencapai 37,2 persen, tahun 2018 berada di angka 30,8 persen, tahun 2019 mencapai 27,7 persen dan di tahun 2021 mencapai 24,4 persen. Presiden beraharap pada tahun 2024 angka stunting dapat mencapai 14 persen.

“Ini harapan kita untuk mencapai target 14 persen, dan mudah-mudahan target ini dapat tercapai nantinya.

Presiden Jokowi mengajak seluruh bupati dan walikota untuk dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar untuk menanam, produksi kebutuhan pangan sehari-hari.

Kata Presiden Jokowi, manfaatkan lahan tersebut untuk asupan gizi anak yang akan menjadi penentu wajah depan Indonesia. Jika anak-anak pintar, cerdas maka bersaing dengan negara lain akan lebih mudah nantinya.

“Saya mengimbau kepada seluruh bupati dan wakikota agar dapat memanfaatkan lahan lahan kosong, untuk memenuhi kebutuhan pangan anak-anak kita,” ujarnya.

Selain itu juga, Presiden Jokowi mengungkapkan Indonesia sangat terbantu dengan adanya kemandirian pangan. Apalagi saat ini banyak negera mengalami krisis pangan yang sangat parah dampak dari perang Ukraina dan Rusia.

Namun di Indonesia tidak terdampak perang tersebut, karena Indonesia memiliki masyarakat yang umumnya adalah petani. Sehingga, sudah tiga tahun belakangan ini Indonesia tidak lagi mengimport beras, hal ini dikarenakan stok untuk seluruh masyarakat Indonesia aman dan terkendali.

“Alhamdulillah kita tidak terkena dampak dari krisis pangan yang melanda dunia, hal ini dikarenakan kita merupakan salah satu negara yang tidak terlalu tergantung pangannya dari negara lain. Bahkan stok pangan kita sangat aman, dan kita harus bersyukur karena bahan pangan utama kita beras tidak tergantung dari negara lain dan harganya tidak naik,” kata Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan, jika seluruh masyarakat Indonesia bergerak, maka upaya penanganan stunting yang dilakukan pemerintah saat ini akan cepat membuahkan hasil.

“Saya percaya bahwa keluarga merupakan pilar utama untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa dan merupakan ekosistem utama untuk mengasuh, mendidik dan membentuk SDM sehat, bergizi dan berkualitas” ujar Presiden.(Brando)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Dharmasraya Sutan Riska Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Dari Presiden Joko Wi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Plt Bupati Kuansing Pelatihan Para Pemangku Adat ,Pemerintah Komit Sejahterakan Pemangku Adat
    02 Bantuan Kemanusiaan Polda Riau untuk Korban Gempa Cianjur Tiba di Jakarta
    03 Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Hadiri HAKORDIA Tahun 2022
    04 Polres Muara Enim Berhasil Ungkap Tersangka Kasus Korupsi 15 Miliar Lebih
    05 Kondisi Lapas Teluk Kuantan Memprihatinkan Pemkab Kuansing Akan Hibahkan Lahan untuk Gedung Baru
    06 Tingkatkan Kemampuan Petani dan Penyuluh Kabupaten Kampar Berguru Ke Kuansing
    07 Polsek Gunung Megang Berhasil Amankan Dua Orang Pencuri Hewan Ternak
    08 Pemprov Kepri Gelar Upacara Peringatan HUT ke-51 KORPRI Tahun 2022
    09 Peletakan Batu pertama pembangunan rumah layak huni Kanwil Menkumham Riau Puji Pemkab Kuansing
    10 Diterima Langsung Bupati Cianjur, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Bencana Gempa Rp 676,956,000
    11 Ketum DPP Santri Tani NU bersama Dir Binmas Polda Riau Lakukan Penanaman Bibit Jagung di Tanjung Pal
    12 Plt Bupati Suhardiman Amby Pimpin Upacara Kesiagaan Bencana Dan Gelar Pasukan
    13 Diduga ada Kecurangan, Pilkades Sialang Jaya Tidak Ikuti Pilkades Serentak
    14 Dugaan Limbah PT KAI Cemari Sungai Batang Peranap Sitiang Pucuk Rantau
    15 Anggota Polres Inhil Polda Riau Laksanakan Latihan Menembak
    16 Kakanwik Kemenkumham Riau Sidak ke Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan
    17 PLT Bupati Suhardiman Amby Lantik 7 Pejabat Eselon ll Lingkungan pemerintah Kabupaten Kuansing
    18 HUT PGRI ke 77, Guru Bangkit dan Pendidikan
    19 Tahun 2024 Ditargetkan 34 Ribu Pelajar Tapsel Mahir Berhitung
    20 Opening Ceremony Tour De Siak 2022 di Buka Ketua PB ISSI
    21 Bupati Siak : Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan
    22 Kukuhkan pengurus Forum Anak Siak, ini Harapan Sekda Arfan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting