Jum'at, 07 Oktober 2022
Follow Us ON :
 
| Peringati Maulid Nabi Polres Kuansing Bakti Sosial serta Silaturahmi dengan Tokoh agama dan masyarak | | Kapolsek Ini Bersama Personelnya Rutin Beri Bantuan Kepada Lansia dan Masyarakat Kurang Mampu | | Pimpin Langsung Personil Mendirikan Rumah Warga Yang Kurang Mampu Dengan Bergotong-Royong | | Lapas Muara Enim Pindahkan 58 Napi Ke Lapas Lahat | | PTBA Bangun PLTS Irigasi Untuk 150 Hektar Sawah Di Lampung Tengah | | Disdukcapil Bengkalis Gelar Sosialisasi Pelayanan dan Pemanfaatan Data Kependudukan
 
Ketua TP PKK Tapsel : Kehadiran Ulama di Tengah Umat Sangat Dibutuhkan
Rabu, 10-08-2022 - 22:14:08 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Tapsel - Ketua TP PKK Tapanuli Selatan (Tapsel), Ny Rosalina Dolly Pasaribu, mengatakan bahwa, kehadiran ulama di tengah-tengah umat sangat dibutuhkan. Menurutnya, ulama diharapkan tidak hanya bisa membaca realitas kehidupan yang sering kali berubah seiring perkembangan zaman, tetapi mampu mencermati juga meresponnya.

"Sebab hal itu sejalan dengan visi gerakan PKK, yakni terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, dan bertakwa, menuju Indonesia maju di 2024," ujarnya saat menghadiri peresmian Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) MUI Tapsel yang dirangkai dengan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H/2022 M, di Lapangan Kantor MUI setempat Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, Rabu (10/8).

Dengan diresmikannya PTKU itu, sambung Rosalina, diharap dapat menjadi inspirasi serta daya dorong ke semua pihak untuk tetap memelihara komitmen, semangat keberagaman, maupun kontribusi nyata dalam upaya pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Dia mengaku, menyambut baik kehadiran PTKU, yang diharap mampu melahirkan ulama-ulama muda di Tapsel.

"Di mana, diharapkan ulama yang lahir tak hanya sekedar menguasai ilmu keislaman, melainkan juga ilmu pengetahuan lainnya. Kelahiran ulama ke depan, diharapkan juga bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan berilmu pengetahuan serta beramal soleh," harapnya.

Di era globalisasi seperti saat ini dengan berbagai kemajuan teknologi, Rosalina menyadari akan banyak tantangan yang akan dihadapi umat Islam nanti, terutama masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan nilai keislaman. Menurut Rosalina, kegiatan yang dirangkai dengan Tahun Baru Islam, ini juga bisa diartikan sebagai momen, bagaimana ulama bisa mengambil hikmah dengan berhijrah ke arah yang lebih baik.

"Saat ini, kita sedang proses hijrah. Hijrah dari pesimisme menuju optimisme. Hijrah dari individualisme menuju kerjasama. Dan, hijrah dari kemarahan menuju kesabaran," ungkapnya.

Lebih lanjut, Rosalina menjelaskan untuk kelancaran hijrah dibutuhkan manusia-manusia yang unggul, cerdas, inovatif, dan berakhlakul karimah. Dia percaya, PTKU MUI Tapsel memiliki peran penting dalam mempersiapkan penerusnya di masa yang akan datang, untuk menjadi manusia-manusia terbaik di Tapsel yang siap hadapi perubahan global dan adanya revolusi industri jilid 4.

"Dan, PTKU diharap lahirkan ulama yang mampu menerima informasi dengan baik ditengah perkembangan teknologi," jelas Rosalina.

Sementara Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu, SPt, MM, yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Ali Akbar Hutahusut, memberikan apresiasi yang tinggi kepada MUI, karena telah berperan dalam membangun manusia-manusia yang cerdas di Bumi Tapsel melalui PTKU.

"Kami juga tahu untuk mendirikan PTKU tidaklah mudah, tentu membutuhkan proses yang panjang, pengorbanan waktu. Ini semua tidak lepas dari kerja keras dari seluruh pengurus. Ini juga terbentuk dilihat dari masalah-masalah yang ada di Tapsel begitu juga dengan minimnya kader ulama," katanya.

Sedangkan Ketua MUI Kabupaten Tapsel KH Ahmad Gozali Siregar menjelaskan bahwa PTKU atau maha santri ini berdiri atas dasar kelangkaan akhlak daripada anak-anak kita, yang sudah jauh dari yang kita hadapkan. Pendidikan ini berbeda dengan perguruan tinggi lain, mereka belajar beramal tiga tahun.

"Begitu juga anak kita yang nantinya sudah selesai menyelesaikan pendidikan, akan siap mengabdi di kecamatan-kecamatan asalnya. Membuka rumah Al-quran untuk di kembangkan di desa-desa," jelasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Maralaut Siregar dalam laporannya menjelaskan bahwa santri yang dibina tahun ini sebanyak 15 orang terdiri dari satu perkecamatan yang ada di Tapsel. Kegiatan ini terinspirasi dari PTKU Kota Binjai yang sudah di kunjungi tahun lewat.

"Perlu juga kita ketahui di antara santri kita yang akan belajar di PTKU, sudah ada yang hafal 30 juz, 15 juz, 5 juz, dan akan dibimbing dari penguruan tinggi yang sudah ikut mengabdi di MUI Tapsel. Kami juga mohon dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik," terangnya.

Turut hadir perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD, Kakan Kemenag Tapsel, Ketua MUI se-Tabagsel, pengurus MUI Tapsel, Ketua FKUB, Ketua DMI Tapsel, Kabag Kesra, pimpinan Perbankan, Wakil Rektor UIN Syahada, dan orang tua santri PTKU. (GUS)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Ketua TP PKK Tapsel : Kehadiran Ulama di Tengah Umat Sangat Dibutuhkan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peringati Maulid Nabi Polres Kuansing Bakti Sosial serta Silaturahmi dengan Tokoh agama dan masyarak
    02 Kapolsek Ini Bersama Personelnya Rutin Beri Bantuan Kepada Lansia dan Masyarakat Kurang Mampu
    03 Pimpin Langsung Personil Mendirikan Rumah Warga Yang Kurang Mampu Dengan Bergotong-Royong
    04 Lapas Muara Enim Pindahkan 58 Napi Ke Lapas Lahat
    05 PTBA Bangun PLTS Irigasi Untuk 150 Hektar Sawah Di Lampung Tengah
    06 Disdukcapil Bengkalis Gelar Sosialisasi Pelayanan dan Pemanfaatan Data Kependudukan
    07 Pemkab Tapsel Upayakan Tingkatan Usaha Ikan Lele dan Bebek Petelur Terintegrasi
    08 Bupati Tapsel Dukung Pengembangan UMKM Ikan Jurung "Presto" Batang Toru
    09 Pemkab Tapsel Dorong Pengembangan Usaha Tas Muara Batang Toru
    10 Meriahkan HUT ke 23 Rohul Pemkab Undang Artis Ibukota
    11 Seorang Bayi berumur 6 Bulan Mengidap Penyakit Radang Otak Mendapat Respon dari Ida Yulita Susanti
    12 Wabup Husni Hadir Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Riau
    13 Bupati Alfedri Mengikuti Rakor Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali
    14 Permudah Urusan Masyarakat Bupati Rohil Launching Aplikasi Si Koncang Pancasila
    15 Bupati Tapsel : Jamu Muara Batang Toru Bikin Segar
    16 Bupati Tapsel Ingin Keripik Tempe Jadi Komoditas Oleh-Oleh Tapsel
    17 Desa Rantau Sialang aktifitas PETI Siang Malam
    18 HUT TNI Ke-77 Polres Bangka Barat Berikan Tumpeng Kepada Kodim 0431/Bangka Barat
    19 Petani Tanjung Simandolak Panen Raya Bertepatan di Hari HUT Kuansing ke 23 Tahun
    20 Forum Masyarakat Bersatu Merapi Timur Demo PT Servo Lintas raya
    21 Alfedri Kenalkan Program TAKE Siak Hijau di Surabaya
    22 Satu Unit Alat Berat masih beraktifitas dugaan Aktifitas PETI Di Desa Saik Minta Kapolda Riau Tangka
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting