Kamis, 28 Maret 2024
Follow Us ON :
 
| Camat Sentra Tinjau Proses Normalisasi Sungai Sinambek Sentajo | | Bupati Minta Dr Fahdiansyah Buat Terobosan Baru untuk Kemajuan Kuansing | | Penitipan Aset Hasil Sita Eksekusi Milik Terpidana Heru Hidayat Berupa Tanah Seluas 19.996 M2 di Bel | | Safari Ramdhan, Kakanwil Kemenkumham Kepri Datang ke Rutan Karimun | | Ditjen Minerba Mengadakan Pembinaan dan Pengawasan Terpadu Aspek Teknik Lingkungan PT. AR | | Bupati Kasmarni Sambut Baik Safari Ramadhan MUI dan Baznas Riau
 
Kebijakan Ansar Membantu UMKM Dengan Pinjaman Bunga 0% Dilanjutkan di 2023
Sabtu, 21-01-2023 - 10:06:36 WIB
Diminati Tapi Banyak Yang Belum Dapat Informasi
TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Tanjungpinang (Kepri) - Salah satu program Pemerintah Provinsi Kepri sebagai solusi untuk menggerakkan perekonomian usai pandemi, adalah dengan kebijakan ‘Program Bantuan Pinjaman Bunga Nol Persen (0%) Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Kepri’. Program  ini telah menjadi komitmen pemerintah Provinsi Kepri, sebagai cara  meningkatkan perekonomian dan membangkitkan kembali UMKM.

Program bantuan yang dimulai sejar tahun 2022 lalu ini,  menjadi angin segar dalam upaya perbaikan ekonomi pasca pandemi. Bagaimana tidak? Dengan bantuan pinjaman bunga  nol persen ini, pelaku UMKM dapat kembali meningkatkan usahanya dengan modal yang dipinjamkan dari Bank Riau Kepri Syariah (BRKS). Para peminjam hanya mengembalikan sebanyak yang dipinjam tidak lebih. Karena bunga pinjamannya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

“Tahun lalu kita bekerjasama denga BRKS telah menyiapkan Rp40 miliar untuk masyarakat, atau untuk sekitar 2000 UMKM. Namun hanya terserap sekitar Rp19 miliaran. Tahun ini kita lanjutkan lagi, untuk 1000 pelaku UMKM. Kita minta agar Pemerintah di kabupaten dan kota ikut mensosialisasikan ini. Manfaatkan program ini, karena ini sangat membantu pelaku usaha kecil. Bunganya ditanggung pemerintah, masyarakat hanya membayar pinjaman pokoknya saja,” ujar Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad.

Ansar juga meminta agar masyarakat tidak segan untuk pertanya, baik kepada piha BRKS, ke Dinas Koperasi dan UKM atau ke Pemerintah Kabupaten dan Kota lainnya.

“Jika kurang paham jangan sungkan, silahkan masyarakat bertanya, insya Allah dibantu. Dan kita minta Pemerintah di kabupaten serta kota ikut menyebarkan informasi ini,” pinta Gubernur.

Agar program ini menyebar secara luas kepada masyarakat hingga ke pulau-pulau. Dalam beberapa kesempatan, disetiap melakukan kunjungan kerja, baik ke Natuna, Lingga atau kabupaten dan kota lainya Gubernur Ansar selalu menyampaikan hal ini kepada masyarakat. Sehingga pelaku usaha kecil yang kesulitan modal bisa mengetahui program tersebut dan kemudian memanfaatkannya.

Anita, salah seorang pelaku UMKM yang telah merasakan manfaat dari Bantuan Pinjaman Bunga Nol Persen ini mengaku  bersyukur  dengan adanya program ini.

"Alhamdulillah, sangat bersyukur sekali, bisa dapat modal usaha lagi untuk usaha kecil saya di rumah," ujar Anita di Tanjungpinang..

Anita merupakan salah seorang pelaku UMKM yang memanfaatkan program pinjaman bunga nol persen ini untuk modal berjualan kelontong atau sembako di rumahnya. Saat masa pandemi lalu warung sembako miliknya sempat tutup dikarenakan kehabisan modal dan mengingat suaminya yang hanya seorang tukang ojek juga ikut terdampak pandemi sehingga pendapatan menurun.

"Alhamdulillah pokoknya bisa berjualan lagi meski kecil-kecilan, dan kita hanya mikir untuk nyicil pinjaman pokoknya saja. Intinya terbantulah," tegas Anita.

Hal yang sama diutarakan Suryani, juga salah seorang pelaku UMKM. Dia juga merasakan manfaat program Gubernur Kepri H Ansar Ahmad ini. "Saya sehari-hari jual makanan kuliner dan catering. Dengar ada bantuan modal langsung saya tanyakan dan urus. Alhamdulillah dilancarkan," jelas Suryani.

Suryani sangat bersyukur dengan adanya bantuan subsidi bunga pinjaman nol persen ini kepada pemerintah Provinsi Kepri khususnya gubernur Kepri H Ansar Ahmad. "Terimakasih pak gubernur, dengan adanya program ini saya dapat terus berjualan demi suami dalam meningkatkan ekonomi keluarga," ujar Suryani kembali.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Agusnawarman sebelumnya telah mengatakan bahwa animo masyarakat sangat tinggi  dengan program subsidi bunga pinjaman nol persen yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri bersama Bank Riau Kepri Syariah ini.

"Antusiasme masyarakat khususnya pelaku UMKM sangat tinggi.Sehingga sesuai kebijakan pak Gubernur Kepri H Ansar Ahmad kembali melanjutkan program ini di tahun 2023 ini," ujar Agusnawarman

Agusnawarman berharap ditahun ini akan lebih banyak pelaku UMKM lagi yang memanfaatkan program subsidi bunga pinjaman nol persen dari Pemprov Kepri.

Sementara itu, melihat dari perkembangan program subsidi bunga pinjaman nol persen kepada pelaku UMKM di Provinsi Kepri saat ini, pengamat ekonomi yang juga Dosen Ekonomi UMRAH Tanjungpinang Dr Dodi Dermawan,SR,M.Ec mengatakan bahwa pemberian bantuan subsidi bunga pinjaman nol persen kepada pelaku UMKM di Provinsi Kepri ini merupakan hal yang baik dan kebijakan yang aangaat tepat dilakukan pemerintah.

"Apalagi mengingat kondisi Kepri saat ini yang sedang membenahi diri akibat pandemi. Program ini jelas sangat menyentuh masyarakat ," ujar Dodi.

Bantuan ini, lanjut Dodi sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk kembali menata dan bangkit meningkatkan produksinya. Namun, lanjut Dodi tidak hanya itu, selain bantuan berupa suntikan modal atau Bantuan subsidi bunga pinjaman nol persen ini, pemerintah Provinsi Kepri juga wajib turut mendampingi pelaku UMKM tersebut dalam menjalankan usahanya.

"Seperti pelatihan dan pembinaan kepada UMKM tersebut agar dapat mengoptimalkan bantuan yang diberikan sehingga dapat dipertanggungjawabkan atau di bayar cicilannya. Jangan sampai program yang baik ini tidak dimanfaatkan optimal oleh pelaku UMKM,” kata Dodi. (Yani)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Kebijakan Ansar Membantu UMKM Dengan Pinjaman Bunga 0% Dilanjutkan di 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Camat Sentra Tinjau Proses Normalisasi Sungai Sinambek Sentajo
    02 Bupati Minta Dr Fahdiansyah Buat Terobosan Baru untuk Kemajuan Kuansing
    03 Penitipan Aset Hasil Sita Eksekusi Milik Terpidana Heru Hidayat Berupa Tanah Seluas 19.996 M2 di Bel
    04 Safari Ramdhan, Kakanwil Kemenkumham Kepri Datang ke Rutan Karimun
    05 Ditjen Minerba Mengadakan Pembinaan dan Pengawasan Terpadu Aspek Teknik Lingkungan PT. AR
    06 Bupati Kasmarni Sambut Baik Safari Ramadhan MUI dan Baznas Riau
    07 Pj Bupati Tulang Bawang Ajak Seluruh Masyarakat Tulang Bawang untuk Terus Menyebarkan Kebaikan
    08 Pererat Silaturahmi, Perkuat Sinergi Danlanud Roesmin Nurjadin Hadiri Buka Puasa Bersama di Polda Ri
    09 Ramadhan ke-15, Bupati Kasmarni Safari Ramadhan di Talang Muandau
    10 Sekretaris Daerah Rohul Safari Ramadhan di Desa Kabun, Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian
    11 Hadiri Kunker Tim Banggar DPR RI di Riau, Bupati Kasmarni Paparkan Beberapa Hal Penting di Daerah
    12 Sutan Riska Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Pessel
    13 Bupati Bengkalis Serahkan LKPD Unaudited Tahun 2023 ke BPK RI Riau
    14 Tim Safari Ramadhan 1445 H SMPN 2 Koto Baru Turun ke Masjid Masjid di Kecamatan Koto Baru
    15 Sekda Rohul Tampung Aspirasi Masyarakat Saat Kunjungan Safari Ramadhan di Kepenuhan Hulu
    16 Ditresnarkoba Polda Riau Gerebek Rumah di Pangeran Hidayat Pekanbaru, Puluhan Butir Pil Extasi di Am
    17 Penerimaan Polri Resmi Dibuka, Putra Putri Karimun Silahkan Daftar Di Polres Karimun Secara Gratis
    18 Suhardiman Amby Serahkan Laporan LKPD Tahun 2023 Ke BPK RI Perwakilan Provinsi Riau
    19 Dt. Irfansyah, ST, Menghadiri Acara Buka Puasa Bersama dengan DPC dan PAC LLMB se Kecamatan Bangko
    20 Masyarakat Gunung Toar Membludak Sambut Suhardiman Amby Safari Romadhon
    21 Siaga Darurat Bencana Karhutla, Pemkab Siak Apel Gelar Pasukan
    22 Wabup Husni : Perhatian Pusat Minim Kepada Daerah yang Komit Jaga Lingkungan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting