Minggu, 23 Juni 2024
Follow Us ON :
 
| Buka MTQ Ke-39 Tingkat Provsu 2024, Pj Gubernur Sumut | | Bupati Tapsel Hadiri Tabligh Akbar dan Peresmian Masjid Taqwa Muhammadiyah Ilyas Nur | | DPRD Pekanbaru Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HUT Kota Pekanbaru Ke- 240 | | Launching Mesin KISS PUMP | | Tokoh Masyarakat KKSS Karimun Gelar Khitan Massal Gratis | | Rapat Paripurna Laporan Pansus Terhadap Pembahasan LKPJ Pemerintah Kota Pekanbaru Tahun 2023
 
Bupati Dolly Upayakan Agar Bayi Dengan Kelainan Bawaan Lahir Ditangani Secara Maksimal
Minggu, 28-05-2023 - 08:32:37 WIB

TERKAIT:
   
 

Kupaskasus.com, Tapsel - Mendengar kabar bayi laki-laki lahir dengan kelainan, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu langsung merespon dengan menemui sang bayi pada, Sabtu (27/5) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tapanuli Selatan, Sipirok.


Sang bayi diketahui lahir di kampung halamannya, Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan, pada, Selasa (23/5) malam. Melihat kondisi bayi ada kelainan, selang enam jam setelah lahir, keluarga bayi langsung membawanya ke RSUD Kabupaten Tapsel.


Adapun bayi tersebut lahir dengan kondisi Multiple Congenital Anomali (Kelainan Bawaan Lahir) berupa Omphalocele, dimana dinding perut tidak sempurna terbentuk sehingga usus tidak berada di rongga perut sebagaimana mestinya.


Selain kelainan dinding perut, dijumpai beberapa kelainan lain seperti jumlah jari tangan yang berlebih. Sehingga memerlukan penanganan yg komprehensif dan multidisiplin ilmu untuk tatalaksana yang baik.


Mendengar kabar itu, saya turut prihatin, sehingga saya Perintahkan agar Kadis Kesehatan untuk memantau dan melaporkan perkembangan Ananda tersebut. Disampaikan mereka akan merujuk ke Rumah Sakit yang ada ruangan NICU (Neonatal Intensive Care Unit).


"Ternyata ada staf rumah sakit yang menyampaikan Ananda tersebut belum bisa dirujuk, karena NICU yang ada penuh. Hari ini disela-sela padatnya kegiatan, menghadiri Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah, serta seleksi Paskibraka Tapsel, walaupun padatnya acara saya sempatkan untuk bertemu bayi tersebut. Kita akan upayakan solusi penanganan terbaik semampu kita," ujar Dolly usai menemui bayi tersebut.


Adapun upaya yang dilakukan sejauh ini adalah, bahwa si bayi segera dirujuk ke NICU RSU Adam Malik Medan Sumatera Utara (Sumut).


"Alhamdulillah di sela Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-13 saya bertemu dengan dr. Kamal Basri Siregar unsur pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumut yang juga Kepala Bagian UGD RSU Adam Malik, kebetulan saya langsung sampaikan permasalahan yang ada. Beliau menelepon berbagai Dokter dan NICU yang ada memang penuh. Beliau berjanji, meski NICU penuh, begitu sudah ada yang selesai ditangani, anak ini akan diprioritaskan untuk ditangani," ungkap Dolly.


Saya kabari juga kawan-kawan Dokter, untuk menghubungi dokter anak yang siap, begitu NICU untuk Ananda bisa, dokter anak pun siap untuk menangani Ananda tersebut. Begitu juga terhadap keluarga yang mengantar, ada teman yang mengelola rumah singgah BFLF (Blood For Life Foundation), juga menawarkan tempat bagi keluarga untuk menggunakan fasilitas tersebut secara gratis, Insya Allah si bayi akan segera dirujuk ke sana.


Disisi lain, Direktur RSUD Kabupaten Tapsel drg. Firdaus Batubara mengutarakan, segala biaya pengobatan sesuai Standart Operating Procedur (SOP) dengan sistem BPJS Kesehatan melalui Sisrute.


Sedangkan Saidul Iman Hasibuan, ayah bayi sangat terharu atas perhatian Bupati Dolly, dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap perhatian Bupati pada anaknya itu.


"Tidak banyak bisa saya ucapkan, kecuali bersyukur kepada Allah, terimakasih Pak Bupati atas perhatian Bapak, semoga anak kami sembuh," ungkapnya dengan mata yang berkaca-kaca.


Sama halnya, Paman bayi, Abdul Latif Hasibuan, katanya atas segala upaya dan solusi yang diberikan Bupati Dolly, ia dan sekeluarga bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih.


"Dari lubuk hati yang paling dalam, kami ucapkan terima kasih Pak Bupati Dolly, dan kami atas nama keluarga besar bayi akan selalu mendoakan Bapak Dolly semoga diberi kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Tapanuli Selatan ini," katanya dengan raut berseri-berseri. (Gusti)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Dolly Upayakan Agar Bayi Dengan Kelainan Bawaan Lahir Ditangani Secara Maksimal
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Buka MTQ Ke-39 Tingkat Provsu 2024, Pj Gubernur Sumut
    02 Bupati Tapsel Hadiri Tabligh Akbar dan Peresmian Masjid Taqwa Muhammadiyah Ilyas Nur
    03 DPRD Pekanbaru Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HUT Kota Pekanbaru Ke- 240
    04 Launching Mesin KISS PUMP
    05 Tokoh Masyarakat KKSS Karimun Gelar Khitan Massal Gratis
    06 Bertemu AHY, Bupati Suhardiman Sampaikan Kompleksitas Masalah Pertanahan di Kuansing
    07 Polres Siak Menunjukkan Keseriusannya Dalam Memberangus Narkoba Sampai Ketingkat Polsek
    08 Ananda Laila Putri Sebut : Ikan Patin Bisa Jadi Menu Kuliner Khas Siak
    09 Lomba Mancing FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak
    10 Pj Wali Kota Padangsidimpuan Disambut dengan Acara Adat Angkola
    11 Anggota DPRD Rohil Menghadiri Malam Kesenian Festival Bakar Tongkang 2024
    12 Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi Menghadiri Peresmian Festival Ekonomi Kreatif
    13 Bupati Tapsel Serahkan ZIS Secara Serentak ke Seluruh Kecamatan se-Tapsel
    14 Kesal Dengan Sikap Pj Kades, Masyarakat Teluk Pauh Geruduk Kantor Camat Pangean
    15 Bupati Tapsel Serahkan ZIS Secara Serentak ke Seluruh Kecamatan se-Tapsel
    16 Peringati 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Di Riau Hadirkan 2000 Instalasi Tengkorak dan 1000 Nisan
    17 Ada Gangguan di Server PDN Pusat, Imigrasi Karimun Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor
    18 Ada Gangguan di Server PDN Pusat, Imigrasi Karimun Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor
    19 Polres Siak Lakukan Anjangsana Sempena Menyambut Hari Bhayangkara Ke 78
    20 Polsek Kandis Berhasil mengungkap Pencuri Hp Dirumah Warga
    21 Bupati Siak Hadiri Gema Sholawat dan Haflah Milad ke-6 Ponpes Nurul Furqon
    22 Beri Materi Tata Kelola Pemerintah Baik dan Bersih, Kajati Riau Beri Arahan ASN Siak
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting