Selasa, 18 Januari 2022
Follow Us ON :
 
| Sepekan Terakhir Karhutla Kembali Marak di Bintan Ini Pesan Roby | | Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia Muara Enim Mintak Kapolres Usut Tuntas Kekerasan Wartawan | | Korem 045/Gaya Kepulauan Bangka Belitung Gelar Vaksinasi Anak Ceria | | Team Nakes Koril 414-04/Koba Melaksanakan Vaksin Yang Ceria | | Danrem 045/Gaya Kep Babel Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Kep.Babel | | Dinilai Konsisten Mendukung Gerakan Zakat, Gubernur Syamsuar Terima BAZNAS Award
 
Gelar Anev Kapolri Instruksikan Jajaran Jangan Enggan Temui Warga dan Jaga Kepercayaan Publik
Jumat, 14-01-2022 - 20:30:59 WIB

TERKAIT:
 
  • Gelar Anev Kapolri Instruksikan Jajaran Jangan Enggan Temui Warga dan Jaga Kepercayaan Publik
  •  

    Kupaskasus.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar Video Conference (Vicon) analisa dan evaluasi kepada seluruh jajaran di Mabes Polri, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan itu, Ia juga memberikan arahan untuk menjadi institusi Korps Bhayangkara kedepannya semakin dicintai dan diharapkan oleh masyarakat.

    Sigit berharap, dengan analisa dan evaluasi ini, seluruh personel kepolisian dapat menyiapkan program serta melakukan perbaikan yang lebih baik di Tahun 2022.

    "Terima kasih rekan-rekan yang telah mengikuti rangkaian Anev ini dari pukul 10.00 sampai pukul 18.00 WIB mungkin ini Anev terlama. Semoga ini bermanfaat bagi rekan-rekan untuk mengisi program kegiatan kita di tahun 2022 ini, menjadi lebih baik dari tahun 2021," kata Sigit kepada seluruh jajarannya, Rabu (12/1/2022).

    Dalam pengarahannya, mantan Kapolda Banten tersebut, menekankan kepada seluruh jajarannya untuk menatap dan menghadapi Tahun 2022 dengan terus melakukan perbaikan pelayanan publik dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Korps Bhayangkara.

    Menurut Sigit, semangat perubahan itu sebagaimana dengan transformasi Polri yang Presisi. Dewasa ini, kata Sigit, kepolisian mau tidak mau harus melakukan perubahan untuk mewujudkan polisi yang diharapkan dan dicintai oleh masyarakat.

    "Kemudian dihadapkan dengan bagaimana menuju transformasi Polri yang Presisi. Terkait dengan posisi Polri di mata masyarakat, tingkat kepercayaan dan kepuasan, tadi sudah kita ukur. Dinamika yang ada, kapan kepuasan, kepercayaan publik meningkat dan kapan kepercayaan publik itu turun," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

    Guna menjaga kepercayaan publik, Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau pelanggaran. Kedepannya, Sigit menginginkan, personel kepolisian menjadi sosok yang memberikan rasa aman kepada masyarakat.

    Lalu, kata Sigit, polisi juga harus mampu menyelesaikan masalah di lapangan, menjadi problem solver, menegakan hukum dengan tegas dan humanis, serta menjadi representasi kehadiran negara di kala masyarakat  membutuhkan kehadiran Polri.

    "Dimana Polri harus hadir dan keberpihakan kepada masyarakat yang selama ini membutuhkan adanya nilai keadilan harus terus ditingkatkan. Khususnya responsif terhadap apa yang menjadi kemauan masyarakat," ucap Sigit.

    Dalam evaluasi ini, Sigit menekankan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja lebih keras lagi meningkatkan kepercayaan publik yang belakangan ini menurun. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan turun secara langsung ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

    Ia menekankan untuk seluruh personel kepolisian terutama di level pimpinan untuk tidak enggan dan sungkan menemui masyarakat secara langsung dengan siapapun dia tanpa memandang status sosial ataupun jabatannya.

    Karena, lanjut Sigit, kegiatan temu warga merupakan upaya jemput bola sekaligus langkah proaktif Polri untuk menghilangkan sumbatan komunikasi dan bisa memperkuat hubungan antara polisi dan warga. Tak hanya itu, hal tersebut juga menjadi jembatan komunikasi bagi masyarakat yang hopeless, frustasi dan berpersepsi negatif ke kepolisian.

    "Terkait dengan pembinaan dan perbaikan terus kita lakukan untuk meningkatkan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat. Karena Polri betul-betul bisa hadir melaksanakan tugas pokok secara profesional, kita tidak anti kritik dan perbaiki koreksi-koreksi yang diberikan masyarakat dan betul-betul bisa diperbaiki," tutur Sigit.

    Pada kesempatan ini, Sigit juga mengingatkan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal menjaga dan menciptakan iklim investasi yang kondusif, aman dan damai.

    Tak hanya itu, Sigit menyatakan, Polri juga harus melakukan kesiapan dan antisipasi sejak dini terkait dengan agenda event nasional maupun internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia saat Pandemi Covid-19. Dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan, Sigit menyatakan, hal itu juga akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

    "Proses perjalanan event tersebut, ini pertaruhan Indonesia di mata dunia dan kewajiban Polri dari sisi menjaga kamtibmas dapat berjalan dengan baik. Semua sudah mendengar dari rekan-rekan yang bertugas di bidang pencegahan, penegakan hukum, pemeliharaan harkamtibmas dan kita saat ini dalam posisi menyamakan gerakan," papar Sigit.

    Sigit mengatakan, aspirasi dan harapan masyarakat yang berkembang kepada institusi Polri, itu merupakan masukan dan harapan dari masyarakat untuk menjadikan Korps Bhayangkara sebagai lembaga yang dicintai masyarakat. Karena itu, Sigit meminta, kepolisian jangan lelah untuk terus melakukan evaluasi atas segala masukan yang ada.

    "Potret dan warna yang disampaikan masyarakat bagaimana menyukai polisi dan tidak menyukai polisi, harapan dan hal-hal yang bisa diwujudkan Polri, hal-hal yang buat Polri dipercaya dan tidak, itu semua kita harus pahami, tinggal bagaimana menguatkan dan membesarkan hal yang meningkatkan kepercayaan. Dan kurangi hal-hal yang mengurangi kepercayaan Polri. Kita harus jaga 400 ribu lebih anggota dan institusi. Ada harapan yang baik jika bertemu dengan polisi," tutup Sigit. (Firman)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
    Silakan SMS/WatsApp ke 0852-6599-9456
    Via E-mail: redaksikupaskasus@gmail.com
    (Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Gelar Anev Kapolri Instruksikan Jajaran Jangan Enggan Temui Warga dan Jaga Kepercayaan Publik
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sepekan Terakhir Karhutla Kembali Marak di Bintan Ini Pesan Roby
    02 Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia Muara Enim Mintak Kapolres Usut Tuntas Kekerasan Wartawan
    03 Korem 045/Gaya Kepulauan Bangka Belitung Gelar Vaksinasi Anak Ceria
    04 Team Nakes Koril 414-04/Koba Melaksanakan Vaksin Yang Ceria
    05 Danrem 045/Gaya Kep Babel Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Kep.Babel
    06 Dinilai Konsisten Mendukung Gerakan Zakat, Gubernur Syamsuar Terima BAZNAS Award
    07 Gabungan Brimob Dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi, Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker
    08 Tinjau Pelabuhan Benoa Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    09 Polda Sumsel dan Polres Muara Enim Kunjungi Kampung Kemayoran
    10 Serahkan DPA 2022 Kepada OPD Gubernur Ansar Ingatkan Percepat Penyerapan Anggaran
    11 Korem 045/Gaya Gelar Upacara Bendera Bulanan
    12 2 Oknum Brigadir Polri Anggota Polres PangkalPinang di Pecat Secara Tidak Hormat
    13 Pimpin Apel Pagi Kapolres Bangka Barat Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK
    14 Kapolres Bangka Barat Memberi Reward Kepada Anggota yang Berhasil Mengsukseskan Vaksinasi
    15 PLT Bupati Suhardiman Amby Pimpinan Upacara Apel Perdana 17 Hari Bulan di lingkungan Pemerintahan
    16 Dua Pelaku Penjamretan di Padangsidimpuan Meninggal Dunia
    17 Bhakti Sosial Vihara Dharma Shanti Sentuh Semua Lapisan Roby Sebut Ini Cermin Kebhinekaan
    18 Sat Lantas Polres Bangka Barat melaksanakan Patroli Rutin Guna Menurunkan Tingkat Pelanggaran Lalu L
    19 Tinjau Pelabuhan Benoa Kapolri Minta Proses Prokes Hingga Karantina PPLN Diperketat
    20 Gabungan Brimob dan Polres Rohil Gelar Patroli Vaksinasi Sasaran Pengguna Jalan Tak Pakai Masker
    21 Hadir di Pelantikan Ketua RT dan RW ke Kecamatan Minas ini Pesa Alfedri
    22 Aktivis Larshen Yunus Temui Tokoh Masyarakat Riau Fajar MS:Beliau ini Murni Berjuang Melawan Korupsi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Tanjung Pinang | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © kupaskasus.com | lebih dalam, lebih baru, lebih penting